[] [ ]readmore

Rabu, 07 Desember 2011

Cara Membuat File Zip dan Rar

Berdasarkan pantauan dari alat pelacak keyword milik saya, ternyata ada beberapa keyword yang sering nyasar di blog ini, salah satunya ya seperti judul postingan kali ini yaitu tentang bagaimana cara membuat file berekstensi zip dan rar. Bagi yang belum tahu jangan malu-malu ya,Yuk kita mulai


Zip adalah standar kompresi data yang paling populer, diciptakan oleh Phil Katz. Dengan kompresi data, ukuran data akan lebih kecil sehingga penggunaan media penyimpanan atau transfer data apa pun akan menjadi lebih efisien.

Pertama yang harus kalian persiapkan adalah program untuk membuat file zip tersebut, contohnya seperti WinZip,7- Zip dan masih banyak lagi. Bagi yang belum punya bisa download disini, terus install programnya.

Kalau sudah install  mari ikuti langkah-langkah berikut : 

1. Pilih salah satu file yang akan dijadikan  zip atau rar, saya contohkan folder file KANTOR, kemudian klik kanan , maka akan terlihat seperti pada gambar. dan dilanjutkan dengan klik Add to archive.











2. Dan kemudian akan menampilkan seperti gambar dibawah ini, pada kolom Archive format, silahkan kalian tentukan apakah akan dikompres dalam ekstensi zip atau rar.Compression methode atau metode kompresi, kalian dapat mengatur kecepatan yang diinginkan. Klik OK








3. Setelah kalian klik Ok , silahkan tunggu hingga proses kompres selesai. Lama tidaknya proses tergantung pada besar kecilnya kapasitas ukuran file yang dikompres. Apabila proses telah selesai silahkan kalian lihat di partisi / local disk / folder tempat asal file tersebut.








4. Untuk mengembalikan file zip menjadi folder biasa, silahkan klik dua kali / enter file zip tersebut, maka akan terlihat seperti gambar. Pilih menu Extract to dan tentukan dimana tempat untuk menyimpan file tersebut. (lihat gambar kedua) klik Ok. Selesai deh...

Mudah bukan?
Salah satu manfaat menyimpan file dalam bentuk zip adalah file cukup aman terhindar dari virus komputer, proses transfer / pemindahan data dari disk ke disk lebih cepat dibandingkan folder file biasa.
Semoga bermanfaat,  salam....





by Facebook Comment

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar