[] [ ]readmore

Jumat, 30 Desember 2011

Buat image DVD movie, Emulasi dengan Daemon, Mainkan!


Fungsi komputer yang dapat memutar film2 DVD tentu saja semakin memuaskan para penggemar film. Kemampuan ini tentunya didukung dengan adanya software pemutar DVD movies (player) dan juga sebuah perangkat optical device yaitu DVD-ROM. DVD-ROM yang terus menerus digunakan untuk memutar DVD tentunya lama-kelamaan akan membuat optiknya usang. Sungguh disayangkan jika tiba2 DVD-ROM tidak dapat lagi menjalankan tugasnya sehingga terpaksa film2 kesayangan tidak dapat diputar.

Sebenarnya kita dapat membuat salinan dari film DVD tersebut ke dalam harddisk agar dapat diputar tanpa memerlukan DVD movie asli yang selalu harus dimasukkan ke dalam DVD-ROM ketika ingin memainkannya. Sebuah cara yang sederhana ialah dengan mengcopy-paste seluruh isi dari DVD movie tersebut ke dalam suatu directory di harddisk. Walau begitu terdapat banyak sekali file2 dari DVD movie yang akan tercopy sehingga menyulitkan kita untuk memainkannya dengan player.

Masalah ini dapat kita atasi dengan membuat image dari DVD movie tersebut. Yup, image ialah sebuah file yang dapat dijalankan secara virtual hasil dari pengkopian content DVD maupun CD dengan menggunakan tool pembakar (yang saya gunakan ialah nero). Sebenarnya pemanfaatan image ini sudah sangat dikenal masyarakat, namun kiranya bagi yang masih gaptek (baca : ndeso alias katrok) pastinya pusing tujuh keliling untuk membayangkannya. Well, ga ada kata terlambat untuk belajar guys. Berikut akan saya jelaskan proses pembuatan image hingga pengaplikasiannya:
Step1: buka program nero express (nero versi 7). Untuk mendapatkan nero versi trialnya cukup mendownload disini. Setelah itu pilih Copy Entire CD.


Step 2: ganti drop down menu pada destination drive dengan Image Recorder setelah itu masukkan DVD yang akan dicopy, kemudian click copy.



Step3: akan muncul sebuah window baru yang menanyakan dimana akan menyimpan image file tersebut. Tentukan letak penyimpanan dan nama file kemudian save. Tunggu hingga proses pengkopian (burning) selesai, lalu tutup program nero.


Step4: file image dari DVD movie telah kita dapatkan. Proses selanjutnya dibutuhkan Daemon Tools yang berguna untuk membaca file image yang telah kita hasilkan. Untuk mendapatkan software Daemon Tools cukup mengklik disini.

Step5: setelah selesai menginstal daemon tools, kita dapat segera membuka file image tersebut dan memutarnya dengan media player. Double klik icon Daemon Tools, akan muncul ikon kecil di taskbar notification area. Klik kanan pada ikon tersebut, highlight pada Virtual CD/DVD-ROM, kemudian Set number of devices… pilih 1 drive. (Langkah ini untuk menentukan berapa banyak optical device virtual yang diinginkan. Satu virtual device dapat membuka satu image).


Step6: selanjutnya klik kanan lagi pada ikon daemon tool yang ada pada taskbar notification area, highlight pada Virtual CD/DVD-ROM, kemudian Devices 0: [ ] No media, lalu Mount Image. Akan terbuka sebuah jendela baru, buka image DVD yang sebelumnya telah disimpan, lalu klik open.


Step7: setelah muncul pesan please wait, akan muncul jendela autoplay. Jika ingin langsung memainkannya dengan windows media player, cukup pilih Play DVD movie.

Cukup mudah bukan? Walaupun kita menggunakan kopian DVD, kualitas gambar movie tetaplah baik. Fungsi dari Daemon Tool sendiri adalah emulasi software yang membuat suatu virtual DVD-ROM baru (optical media) yang keberadaannya secara fisik sebenarnya tidak ada. Daemon Tool jika diibaratkan telah menipu sang komputer sehingga seolah2 mempunyai DVD-ROM yang terintegrasi dalam komputer kita. Pemanfaatan image ini sebenarnya sangat berguna bagi mereka yang menginginkan optical devicenya tetap awet dengan tidak membaca CD maupun DVD terus2an.

Selain pada DVD movies, proses imaging ini dapat diterapkan pula pada VCD maupun aplikasi2 yang menuntut adanya CD ataupun DVD harus berada dalam optical device dalam pengoperasian aplikasi tersebut. Sebagai contoh ialah PC games, software2, CD interaktif dll.
by Facebook Comment

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar