Bagi siapa pun tidak akrab dengan istilah – BIOS singkatan dari “basic input/output system” dan pada dasarnya adalah di mana anda setup confirguration tingkat rendah dari motherboard anda. Hal ini berbeda untuk setiap Sistem Operasi yang mungkin anda gunakan. Harap dicatat bahwa bagian kedua dari panduan ini mengenai otomatis mematikan sistem anda untuk Windows 7, tetapi juga mungkin berlaku untuk versi lain dari Windows.
Langkah 1. Restart komputer anda.
Langkah 2. Tekan tombol DEL atau tombol apapun yang mengharuskan masuk ke sistem BIOS anda, dalam 1-3 detik pertama restart.
Langkah 3. Tergantung pada merek motherboard yang anda miliki, BIOS akan terlihat berbeda. Anda perlu mencari menu yang berjudul Power, atau Power Management. Dalam hal ini harus menjadi pilihan berlabel “Resume on RTC Alarm” or “Power on By RTC Alarm”. Anda harus aktifkan opsi ini, kemudian mengatur waktu dan frekuensi (misalnya “Setiap hari”).
biosalarm Cara Membuat Windows 7 Startup Dan Shutdown Terjadwal
biosalarm2 Cara Membuat Windows 7 Startup Dan Shutdown TerjadwalLangkah 4. Pastikan bahwa anda memilih “Save and Quit” pilihan ketika meninggalkan setup BIOS.
Shutdown Terjadwal
Langkah 1. Klik tombol Windows dan ketik “Task Scheduler”. Langkah 2. Pada panel kanan, klik “Create Basic Task”
task scheduler create task Cara Membuat Windows 7 Startup Dan Shutdown TerjadwalLangkah 3. Masukkan nama yang tepat dan deskripsi (misalnya Scheduled system shutdown), klik Next.
Langkah 4. Pilih frekuensi yang ingin Anda shutdown terjadi (Daily misalnya), klik Next.
task scheduler create task daily Cara Membuat Windows 7 Startup Dan Shutdown TerjadwalLangkah 5. Pilih waktu anda ingin shutdown terjadi. (mis. 01:00), klik Next.
task scheduler create task daily 1 Cara Membuat Windows 7 Startup Dan Shutdown TerjadwalLangkah 6. Pilih Start program, klik Next.
Langkah 7. Ketik “shutdown.exe” di kotak program/script dan “/s” di kotak argumen Tambah. Klik Next.
windows7 start a program Cara Membuat Windows 7 Startup Dan Shutdown TerjadwalLangkah 8. Klik Finish.
Selesai! Kini anda menikmati fitur startup dan shutdown di Windows 7 anda.