[] [ ]readmore

Rabu, 04 Januari 2012

Cara Membuat Search Engine di Blog


Google Custome Search engine adalah salah satu fasilitas yang ditawarkan oleh Google untuk membuat search engine dengan mudah dan cepat.
Jadi gak perlu capek – capek ngoding lagi neh, pengen tau caranya?
Langkah awal yang harus kita lakukan adalah menuju ke sini http://www.google.com/cse/ lalu klikCreate a Custom Search Engine.
Mudah Membuat Search Engine Dengan Google Custom Search Engine
Bila belum mempunyai account Google daftar aja dulu…
http://lh5.ggpht.com/_-fjmoWJlSMw/S4H7qi1RLaI/AAAAAAAADIc/HOYKaP1wyrU/2.jpg

Setelah selesai melakukan login maka akan muncul beberapa option yang harus kita isi. Basic information merupakan pengaturan untuk memberikan nama pada search engine yang akan kita buat, deskripsinya, lalu bahasa yang digunakan.

Nah pada What do you want to search? kita disuruh menentukan pilihan Only sites I select.maksudnya pencarian hanya untuk website / blog kita sendiri atau The entire web, but emphasize sites I select. yaitu pencarian terfokus kepada semua website akan tetapi lebih ditekankan kepada website / blog kita.
Mudah Membuat Search Engine Dengan Google Custom Search Engine
Selanjutnya memilih website mana yang akan kita masukkan fasilitas ini ( Select some sites ). Jangan lupa untuk mengklik Tips on formatting URLs. untuk mengetahui cara penulisan yang benar.
Select an edition pilih yang Standard edition soalnya Gratis. Centang I have read and agree to the Terms of Service. dan NEXT.
Mudah Membuat Search Engine Dengan Google Custom Search Engine
Jangan lupa untuk preview atau coba dulu dan hasilnya kayak gini. Jika sudah langsung FINISH aja.
by Facebook Comment

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar