[] [ ]readmore

Minggu, 15 Januari 2012

Perangkat Keras Komputer (Hardware)


2.1 Arsitektur Komputer
Sebelum mempelajari lebih lanjut mengenai perangkat-perangkat komputer yang berperan penting dalam Teknologi Informasi, perlu diketaui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan arsitektur komputer. Arsitektur komputer adalah rancangan konseptual dan struktur operasional mendasar dari sistem komputer. Selain itu, aristektur komputer juga dapat diartikan sebagai “cetak biru” (blue print) dan deskripsi fungsional dari kebutuhan-kebutuhan (requirements) serta implementasi rancangan untuk berbagai bagian dari komputer.
Arsitetur komputer menjadi suatu perhatian yang sangat penting sehubungan dengan cost dan performance. Walaunpun pertimbangan-pertimbangan lain seperti ukuran, feature dan lain sebagainya juga penting, namun biaya (cost) dan performance (kinerja) komputer menjadi pertimbangan utama. Sistem Komputer adalah komputer dan komponen – komponen lain yang terhubung atau berhubungan dengannya. Adapun komponen Sistem Komputer terdiri dari :
  • Hardware (Perangkat Keras)
  • Software (Perangkat Lunak)
  • Data dan Informasi
  • Prosedur (Procedure)
  • Brainware (Manusia)

Sistem adalah suatu kesatuan dari komponen – komponen yang saling berintegrasi untuk mencapai tujuan tertentu. Komponen sistem terdiri dari :
Gambar Komponen Sistem

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai komponen-komponen komputer tersebut, perlu diketahui komponen komputer secara umum seperti terlihat pada gambar berikut:
Gambar Komponen dalam Komputer (PC)

2.2 Pengertian Perangkat Keras (Hardware)
Hardware adalah komponen fisik yang digunakan untuk aktivitas input, proses, output, dan penyimpanan pada suatu sistem komputer. Komponen hardware terdiri dari :
  • Central Processing Unit (CPU)
  • Media penyimpanan (Storage) atau Memory (Primary and Secondary Storage)
  • Input Device (Peralatan Input)
  • Output Device (Peralatan Output)
  • Communication Device (Peralatan Komunikasi)

2.3 Central Processing Unit (CPU)
CPU merupakan bagian dari komputer yang mengeksekusi atau menjalankan instruksi – instruksi dari program dan memproses data seperti perhitungan. Program dalah rangkaian atau kumpulan instruksi yang bertujuan menjalankan suatu tugas tertentu.
CPU adalah prosesor mikro yang terbuat dari jutaan transistor microscopic dalam suatu circuit pada suatu chip. Chip adalah kumpulan komponen – komponen elektronik yang sangat kecil. Chip dapat melakukan proses seperti perhitungan arithmatika, membentuk garis, image (gambar), dan suara.
Berikut beberapa contoh CPU :

Gambar CPU atau Processor

CPU memiliki 2 komponen utama, yaitu :
1. Control Unit
Bagian Control Unit ini berfungsi untuk mengawasi dan mengatur aktivitas komputer. Control unit diidentifikasi (disamakan) dengan bagian otak manusia yang mengawasi dan mengatur seluruh kegiatannya, seperti bekerja, bermain, belajar, dan sebagainya. Semua kegiatan/aktivitas komputer dilaksanakan sesuai dengan instruksi yang diterima oleh Control Unit. Control ini tidak menjalankan instruksi – instruksi sebagaimana otak tidak menjalankan kegiatan seperti bekerja, bermain, belajar, dsb. Tetapi control unit hanya mengawasi saja.

2. Arithmatic-Logic Unit (ALU)
Bagian ALU ini berfungsi melakukan perhitungan/operasi aritmatika dan logika. Operasi aritmatika yaitu melakukan perhitungan matematika, terdiri dari : penambahan (addition), pengurangan(substraction), perkalian (multiplication), dan pembagian (division). Operasi logika yaitu : membandingkan suatu element informasi dengan yang lainnya, terdiri dari : >, <, >=, <=, =, <>.

2.3.1 Machine Cycle (Siklus Mesin)
Proses dari suatu instruksi bahasa mesin disebut dengan Siklus Mesin (Machine Cycle). Siklus mesin terdiri dari tahapan – tahapan proses yang dilakukan oleh mesin (CPU), di mana seluruh proses diatur oleh Control Unit dan bekerja sama dengan ALU dan memory.
Proses yang dilakukan ada 4 tahap, yaitu :
  • Fetch ; Tahap pengambilan (membaca) instruksi dari memory.
  • Decode ; Tahap menterjemahkan instruksi ke dalam perintah – perintah yang dapat dimengerti oleh komputer.
  • Execute ; Menjalankan (mengeksekusi) aksi (action) dari instruksi yang diterima.
  • Store ; Penyimpanan hasil proses ke memory.

Proses pada siklus mesin terdiri atas dua bagian utama, yaitu Instruction Cycle (ICycle) atau Instruction Time (I-Time) yang meliputi tahap fetch dan decode serta Execution Cycle (E-cycle) atau Execution Time (E-Time) yang meliputi tahap execute dan store. Pada I-Cycle, instruksi dipindahkan dari memori ke CPU dan dipahami oleh CPU. Selanjutnya pada bagian E-Cycle, tindakan atau perintah dari instruksi tersebut dijalankan.
Gambar Siklus Instruksi Mesin

2.3.2 Register
Register merupakan tempat penampungan/penyimpanan sementara (temporary storage) yang ada di prosesor (bukan di memori utama). Register dapat menyimpan instruksi, alamat penyimpanan, atau jenis data lainya. Register dapat memindahkan data dan intruksi lebih cepat dari pada memori utama, dan juga dapat menyimpan data atau instruksi yang akan diproses dan hasil proses tersebut. Register juga dapat membantu ALU dalam menjalankan operasi aritmatika dan logika.
Register harus memiliki ukuran yang cukup besar untuk menyimpan suatu instruksi. Contohnya, untuk instruksi komputer dengan panjang 32 bit, register juga harus memiliki panjang minimal 32 bit.
Ada 4 tipe register, yaitu :
  • Storage Register (Register Penyimpanan)
Register yang menampung/menyimpan data sementara yang dipindahkan memori  dan menerima hasil proses yang akan dikirim ke memori.
  • Address Register (Register Alamat)
Register yang menyimpan alamat – alamat data, yang akan digunakan untuk menjalankan(executing) instruksi.
  • Accumulator
Register yang berfungsi menyimpan hasil perhitungan aritmatika. Dari accumulator, data kemudian dipindahkan ke memori atau register lain untuk diproses lebih lanjut.
  • General Purpose Register
Register yang dapat menyimpan data, alamat hasil perhitungan aritmatika.

2.3.3 Kemampuan Prosesor
Kecepatan merupakan salah satu alasan mengapa orang banyak menggunakan Teknologi Informasi (TI). Komputer dapat melakukan jutaan hitungan per detik secara konsisten (tetap), akurat (tetap) dan reliabilitas (dapat dipercaya). Terdapat 3 elemen (komponen) yang dapat mempengaruhi kecepatan komputer, yaitu:
  1. System Clock
Karena komputer bekerja pada kecepatan yang tinggi, maka sinkronisasi dari tugas –  tugas/kegiatan yang dikerjakan adalah dasar untuk meyakinkan bahwa tugas/kegiatan dilaksanakan dengan teratur. Semua computer memiliki System Clock, yaitu sebuah sirkuit (komponen elektronik kecil) yang menghasilkan pulsa elektronik dengan kecepatan yang tetap (fixed rate) untuk mengsinkronisasi kegiatan proses.
System Clock diukur dengan satuan MegaHertz (Mhz), yaitu jutaan pulsa elektronik yang dihasilkan per detik. 1 Mhz berarti 1 juta pulsa elektronik yang dihasilkan per detik. Kecepatan komputer dalam Mhz bervariasi untuk setiap komputer. Seperti 66 Mhz, 133 Mhz, dsb. Semakin besar Mhz dalam System Clock maka semakin tinggi kecepatannya.

  1. Bus Width
Pada saat melakukan proses, secara internal terjadi perpindahan data di dalam komputer. Data dipindahkan dari peralatan input (input device) ke memori, dari memori ke prosesor, dari prosesor ke memori, dari memori ke store device, dari memori ke output device. Lintasan atau jalur di mana data dipindahkan disebut BUS. Seperti pada System Clock, BUS juga merupakan suatu sirkuit elektronik.

Terdapat 2 jenis bus, yaitu :
  • I/O Bus
Yaitu Bus yang berfungsi mengatur dan menghubungkan perpindahan antara Input Output Device (I/O device) dengan prosesor.
  • Data Bus
Yaitu Bus yang mengatur dan menghubungkan perpindahan data antar prosesor dengan memori.
Gambar Proses Perpindahan Data Melalui Bus

Lebar Bus akan menentukan besarnya data yang dapat dipindahkan atau dikirim tiap waktu. Misalnya BUS 8 bit, dapat menstranmisikan (mengirimkan) 8 bit data tiap waktu. Lebar BUS yang makin besar maka kecepatan perpindahan datanya makin besar.

  1. Word Size (Ukuran word)
Word adakah ukuran/satuan yang menunjukkan jumlah bit yang dapat diproses komputer tiap waktu, ukuran word dapat dinyatakan dalam bits(Binary digit). Misalnya word 1-Byte terdiri dari 8 bit, word 2-Byte terdiri dari 16 bit, word 3-Byte terdiri dari 32 bt, dsb.
Semakin besar ukuran word (word size), maka semakin cepat computer dapat memproses data dan melakukan operasi aritmatika dan logika.

2.3.3.1 Jenis Proses

Ada beberapa jenis proses, yaitu :
  • Serial Processing
Mengerjakan suatu job atau proses secara one by one (satu persatu).
  • Parallel Processing
Mengerjakan suatu job atau proses secara serentak (sekaligus).

Ada 2 jenis parallel processing, yaitu :
  • SIMD (Single Instruction Multiple Data)
SIMD merupakan proses dimana lebih dari satu prosesor menjalankan (mengeksekusi) instruksi yang sama pada waktu yang bersamaan. Setiap prosesor beroperasi pada data yang berbeda.
  • MIMD (Multiple Instruction Multiple Data)
Pada MIMD, prosesor menjalankan (mengeksekusi) instruksi yangberbeda-beda, pada waktu yang bersamaan untuk data yang berbeda.

Pipeline Processing
Penggabungan dari serial processing dan parallel processing.
Proses memiliki 4 tahapan yaitu :
  1. Pengambilan instruksi
  2. Penerjemahan instruksi
  3. Eksekusi / menjalankan instruksi
  4. Penulisan kembali hasil

2.3.3.2 Meningkatkan Kecepatan Prosesor
Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kecepatan
prosesor :
  • Cache Memory
Cache Memory adalah memori yang sangat cepat aksesnya, dirancang khusus untuk meningkatakan kecepatan transfer dan proses data. Cache Memory berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara data dan informasi yang sering digunakan oleh CPU, sehingga CPU dapat mengakses langsung ke Cache Memory. Tanpa harus mengakses terlebih dahulu ke memori utama. Teknik ini akan lebih menghemat waktu jika dibandingkan harus mengakses langsung ke main memory (memori utama). Cache Memory biasanya terdapat pada prosesor, motherboard(mainboard). Kecepatan Cache Memory bergantung pada besarnya ukuran Cache Memory pada CPU.
  • Co-Processor
Co-Processor adalah chip tambahan yang dapat mempercepat kerja prosesor.
  • Accelerator Board
Accelerator Board adalah papan sirkuit (Circuit Board) tambahan yang dapat mempercepat kerja.
  • Increased Chip Denity (Kepadatan) and Integration
Meningkatkan/menambahkan kepadatan (jumlah) Chip yang terintegrasi (Terhubung satu sama lain) untuk mempercepat kerja prosesor.
  • RISC (Reduced Instruction Set Computing)
Salah satu tipe proses data di mana data – data yang akan dieksekusi (dijalankan) disimpan di register. Pada proses ini, lebih banyak menggunakan register dari pada memori.
  • Parallel Processing
Parallel Processing yang juga dikenal dengan sebutan parallel computing adalah proses berjalannya suatu program dengan menggunakan beberapa CPU. Setiap program dibagi atas beberapa bagian , dan setiap bagian berjalan pada satu CPU. Namun demikian, jenis proses seperti ini biasanya membutuhkan perangkat lunak yang disebut dengan distributed processing software.

2.4 Media Penyimpanan atau Memory (Primary and Secondary Storage)
Media penyimpanan (storage) merupakan media yang berfungsi sebagai tempat penampungan atau penyimpanan data atau informasi dalam bentuk informasi binary. Media penyimpanan (storage) terdiri atas tiga jenis, yaitu sebagai berikut :
a. Primary Storage
b. Secondary Storage
Gambar Komponen-Komponen Memori

Memori sering digunakan untuk :
  • Meyimpan/menampung program system operasi (Operating System) di computer. Seperti DOS< OS/2, Linux, Unix, Novel, Windows, dsb.
  • Menyimpan/menampung program aplikasi. Seperti Word Processing, Spreadsheet, Program Inventory, Program Penjualan, dsb.
  • Menyimpan data dan informasi sementara, menerima data/informasi dari input device danm engirimkannya ke putput device.
  • Menyimpan data dan infiromasi untuk diproses lebih lanjut.
  • Menyediakan ruang tambahan (space cadangan) untukprogram dan data yang lain.

2.4.1 Karakteristik Media Penyimpanan
Media Penyimpanan (Storage) memiliki karakteristik sebagai berikut :
  • Kecepatan
Waktu dibutuhkan utuk membaca atau menulis data. Cost meningkat sejalan dengan meningkatnya kecepatan.

  • Volatility
Kemampuan menyimpan data ketika tidak ada sumber daya (Power supply). Untuk media yang tergolong volatile, maka cost menurun dengan meningkatnya volatility.
  • Metode Akses (Access Method)

Metode akses terdiri atas tiga jenis :
  1. Serial Access
Metode akses dimana proses penyimpanan dan memperoleh data diakukan dengan urutan linear. Contoh : Magnetic Tape.
  1. Random Access
Metode akses dimana tidak tergantung terhadap urutan tertentu. Contoh : Hard Disk

o Paralell Access
Metode akses dimana dilakukan secara bersamaan terhadap lebih dari
satu lokasi media penyimpanan. Contoh : Random Access Memory (RAM).
  • Portability
Portability adalah kemampuan untuk melakukan install atau memasang
dan melepaskan media penyimpanan dari komputer. Portability
meningkatkan cost.

  • Capacity
Capacity merupakan jumlah data maksimum yang disimpan oleh suatu
media penyimpanan. Cost biasanya meningkat sejalan dengan
meningkatnya kapasitas suatu media penyimpanan.

Hirarki media penyimpanan memori berdasarkan karakteristiknya, dapat
digambarkan sebagai berikut :

Gambar Hirarki Memori

2.4.2 Jenis-Jenis Media Penyimpanan (Storage)
Berikut ini akan diuraikan jenis-jenis dari media penyimpanan (storage) :

a. Primary Storage
Primary Storage adalah media penyimpanan yang langsung dapat diakses
oleh CPU.

Primary Storage terdiri atas :

1. RAM (Random Access Memory)

Jenis memori yang dapat ditulis (write) dan dapat dibaca (read). RAM
menyimpan data untuk sementara, yaitu selama komputer dalam keadaan
hidup (on). Data dan informasi yang tersimpan di RAM akan hilang bila
komputer mati (off).

Berikut salah satu contoh RAM :

Gambar RAM

Ada beberapa jenis RAM yaitu :
o DRAM (Dynamic RAM)
Data dan informasi disimpan secara dinamik, yang berarti bahwa perlu
dilakukan refreshment (penyegaran) proses secara terus menerus.
Gambar DRAM

o SRAM (Static RAM)
Data dan informasi disimpan secara tetap (indefinitely), dimana tidak
perlu dilakukan refreshment (penyegaran) proses. SRAM lebih cepat
prosesnya dibandingkan DRAM.
Gambar SRAM
o EDORAM (Extended Data Out RAM)
Menggunakan tipe SIMM (Single In-Line Memory Module), memiliki
72pin.

Gambar EDORAM
o SDRAM (Synchronous Dynamic RAM)
Menggunakan tipe DIMM (Dual In-line Memory Module), memiliki
168pin. SDRAM lebih cepat aksesnya dari pada EDORAM.
Gambar SDRAM

2. ROM (Read Only Memory)

Jenis memori yang dapat menyimpan data dan informasi walaupun
komputer dimatikan (off).

Ada beberapa jenis ROM, yaitu :

o PROM (Programmable ROM)
Data dan informasi hanya bisa diprogram (diubah) sekali saja, yaitu
pada saat pertama kali menggunakan (menghidupkan) komputer.
Gambar PROM
o EPROM (Eraseble PROM)
Data dan informasi bisa dihapus dengan bantuan sinar ultraviolet.
Gambar EPROM
o EEPROM (Electrically EPROM)
Data dan informasi yang tersimpan dapat dihapus dan diprogram
ulang secara elektronis (menggunakan aliran listrik).

Gambar EEPROM
3. Circuit Board
Yaitu papan memory yang secara fisik tersusun atas sirkuit-sirkuit.

Ada 2 tipe circuit board, yaitu :
o SIMM (Single In-line Memory Module)
Chip memori yang tersusun pada papan memory, terdiri atas 72 Pin
module, 7-16bit data

o DIMM (Dual In-line Memory Module)

Chip memori yang tersusun pada papan memory terdiri atas 168 Pin

module, 32-72 bit data.

4. Cache Memory (Flash RAM)

Tempat penyimpanan/penampungan data dan informasi yang membantu

mempercepat kerja prosesor.

Gambar Cache Memory

5. Video Memory (VRAM)

Memori yang menyimpan data-data bergambar (video)
Gambar Video Memory Stick
Lembaga Sertifikasi Profesi Telematika Indonesia 43
6. Flash Memory
Memori yang dapat menyimpan data dan informasi bila komputer
dimatikan (off). Data dan informasi yang tersimpan dapat dihapus dan

ditulis kembali melalui suatu program khusus.
Gambar Flash Memory

b. Secondary Storage

Secondary Storage adalah media penyimpanan eksternal atau yang berada di
luar dari komponen komputer. Secondary Storage dapat menyimpan data
dalam jumlah besar dan permanent. Secondary storage disebut juga dengan
auxiliary storage.
Secondary Storage terdiri atas :

1. Magnetic Storage

Storage device yang terbuat dari bahan yang mengandung magnetic. Ada
2 macam magnetic storage, yaitu :

  • Magnetic tape
Magnetic storage yang berbentuk tape/kaset.Cth:tape/kaset back-up.
  • Magnetic Disk
Magnetic storage yang berbentuk disc. Cth : floppy disk dan hard disk.

Gambar Magnetic Tape Gambar Magnetic Disk

Magnetic Disk terdiri dari :
  • Hard Disk

Gambar Contoh Hardisk
  • Floppy Disk (Diskette)
Gambar Floppy Disk

2. Optical Storage

Storage device yang terbuat dari bahan metallic. Contohnya : CD Room.

2.4.3 Representasi Data dalam Memori
Secara umum, komputer (mesin) memiliki 2 kondisi yaitu on dan off. Kedua kondisi (on dan off) dari system ini disebut Binary System, dimana On direpresentasikan oleh angka 1 dan off direpresentasikan oleh angka 0.

2.4.3.1 Binary Digit
Bianry Digit adalah unit dasar untuk menyimpan data di komputer, yang terdiri dari angka 0 dan 1. Sistem Bilangan Biner adalah sistem pengkodean yang menggunakan Binary Digit (0 dan 1)


Beberapa sistem pengkodean bilangan / karakter (Character), yaitu :
  • EBCDIC (Extended Binary Coded Decimal Interchange Code)
Sistem pengkodean yang menggunakan 8bit untuk merepresentasikan 1 karakter. Misalnya Character ”S” direpresentasikan oleh 11100010.
  • ASCII (American Standart Code for Information Interchange)
Sistem pengkodean yang menggunakan 7bit untuk merepresentasikan 1 karakter. Misalnya : Character ”S” direpresentasikan oleh 1010011.
  • Unicode
Sistem pengkodean yang menggabungkan huruf besar dan huruf kecil, menggunakan 16bit untuk merepresentasikan 1 karakter.

2.4.4 Perbandingan Primary Storage dan Secondary Storage
Primary Storage biasanya lebih dikenal dengan sebutan memori sedangkan Secondary Storage biasanya dikenal dengan sebutan Storage Device.Berikut beberapa perbedaan antara memori (primary storage) dengan secondary storage (Storage device), antara lain :
Primary Storage menyimpan data secara sementara/temporary sedangkan
Secondary Storage menyimpan data secara permanent.
Primary Storage hanya dapat menyimpan data jika komputer dalam keadaan
nyala (on). Jika computer mati (off) maka data yang tersimpan akan hilang.
Sedangkan data yang tersimpan pada Secondary Storage tidak akan hilang
bila komputer mati (off).
Primary Storage tidak bisa menyimpan data dan aplikasi yang besar,  sedangkan Secondary Storage bisa.

2.4.5 Ukuran Memori
Berikut ini berbagai macam ukuran memori :
  • Bit
Yaitu Ukuran terkecil dari digit
  • Byte
1Byte = 8bit. Setiap byte merepresentasikan 1 karakter data KiloByte (KB)
1 KB = 1024 Byte atau = 8192 bit (1024 * 8)
  • Megabyte (MB)
1 MB = jutaan Byte.
  • GigaByte (GB)
1 GB = Miliaran Byte
Word
1 Word = 16 Bit
  • DoubleWord
1 DoubleWord = 32 Bit
QuadWord
1 QuadWord = 64 Bit

2.5 Peralatan Input (Input Device)
Input memiliki 2 pengertian, yaitu :
Data dan informasi yang dimasukkan ke dalam komputer. Proses memasukkan data dan informasi ke dalam komputer untuk diproses, disimpan, dipanggil kembali, atau ditransmisikan. Peralatan Input (Input Device) adalah alat – alat yang digunakan untuk proses memasukan data/informasi ke dalam komputer.

2.5.1 Jenis – Jenis Input Device
Peralatan input (input device) diantaranya terdiri dari :
  • Keyboard
Merupakan peralatan input yang terdiri dari tombol – tombol huruf, angka, dan karakter lain yang tersusun pada suatu papan berbentuk persegi panjang dan digunakan untuk memasukkan data ke komputer.
Gambar Keyboard

  • Pointing Device
Merupakan peralatan input yang dapat digerakkan dan dapat memiliki
petunjuk (pointer).
Pointing Device terdiri dari :
    • Mouse
Peralatan input yang berbentuk kecil. Mempunyai bagian yang bias diklik /ditekan dengan jari, pada bagian bawahnya terdapat sebuah bola magnetic yang kecil yang berfungsi untuk mengerakkan pointer.
Gambar Mouse

    • Pointing Stick
Peralatan input yang berbentuk seperti pena/tongkat kecil, digunakan          untuk menulis sesuatu pada screen atau layar di notebook tertentu.
    • Trackball
Peralatan input yang mirip dengan mouse. Terdapat bola kecil pada bagian permukaannya. Di mana bola kecil tersebut dapat diputar/digerakkan dengan jari untuk mengerakkan pointer.
Gambar Trackball

    • Joystick
Peralatan input yang terdiri dari beebrapa tombol khusus penunjuk arah (kiri, kanan, atas, bawah, dsb) utnuk mengontrol gerakan pada permainan game komputer.
Gambar Joystick

    • Touch Screen
Peralatan input yang berfungsi juga sebagai monitor, digunakan dengan cara menekan langsung menu – menu yang ada di screen/layer.
Gambar Touch Screen

    • Light Pen
Peralatan input yang berupa pena elektronik, di mana digunakan untuk menulis sesuatu di layar/screen atau pada tatakan (tempat menulis) yang tersedia.
Gambar Light Pen

    • Digitizing Tablet
Peralatan input yang dilengkapi dengan kertas bergambar khusus dan pena elektronik, dapat mentransferkan gambar yang dibuat pada kertas khusus tersebut ke komputer secara langsung.
Gambar Digitizing Tablet

  • Terminal
Adalah gabungan dari keyboard dan layar monitor, yang dapat menerima input data dan ditampilkan ke layar monitor.
Gambar Terminal

Ada 3 macam terminal, yaitu :
    • Dumb Terminal
Yaitu terminal yang tidak mempunyai kemampuan melakukan proses data, karena tidak memiliki unit komtrol dan unit aritmatika/logika. Dumb terminal hanya bisa menerima data dari keyboard dan menampilkan data/informasi dari remote computer (komputer pusat) yang terhubung dengannya, serta dapat mengirimkan data/informasi ke remote computer. Contoh : PC yang terhubung dengan AS 400, berfungsi sebagai Dumb Teminal.

    • ATM
Yaitu terminal yang dapat melakukan proses – proses lain selain menerima input dan menampilkan data. ATM disebut juga sebagai intelligent terminals. ATM biasanya sering digunakan oleh bank – bank untuk pernarikan cash, transfer uang atau pembayaran rekening tertentu, pengambilan tiket, tanda parker, dsb.

    • POS (Point of Sales) Terminal
Yaitu terminal yang dilengkapi dengan komponen speseial seperti tombol – tobol numeric yang mirip dengan kalkulator. POS terminal banyak digunakan di toko – toko grosir/departement store, untuk membantu user mempercepat entry transaksi.

  • Optical Reading Device (Scanner)
Adalah peralatan input yang dapat mentranformasikan data/informasi tertulis/tercetak ke dalam computer secrang langsung seperti gambar – gambar, tulisan/huruf, peta, dsb. Scanners banyak digunakan di berbagai bidang seperti periklanan, pendidikan, industri, dsb.

Jenis – jenis scanners :
    • OCR (Optical Character Recognition)
Scanner yang dapat membaca data dari kertas.
    • OMR (Optical Mark Reader)
Scanner yang dapat membaca/menerima data dari bagian yang sudah
dihitamkan (dimark) pada kertas/form khusus.
    • Barcode Reader
Scanner yang dapat membaca data dari kode-kode special yang tertera pada suatu produk. Kode special itu direpresentasikan dengan garis-garis hitam vertical.
Gambar Barcode Reader
    • Handprint Reader
Scanner yang dapat membaca data dari tulisan tangan atau sidik jari untuk diproses
Gambar Handprint Reader
    • Image Scanner
Scanner yang dapat membaca gambar-gambar atau peta
Gambar Scanner

  • Magnetic Reading Device (MRD)
Yaitu Peralatan input yang dapat membaca sumber data yang bersifat megnetik.
Jenis MRD :
    • Magnetic Ink Character Recognition (MICR)
Peralatan input yang dapat membaca karakter yang dicetak dengan tinta magnetik. Contoh : MRD untuk membaca cek giro.
Gambar Magnetic Ink Character Recognition
    • Digital Camera
Peralatan input yang dapat mendeteksi dan mentransformasikan gambar/object secara langsung ke komputer.
Gambar Digital Camera

  • Voice and Sound Input
Peralatan input yang dapat mendeteksi dan mentransformasikan bunyi dan\suara ke  dalam komputer.
Gambar Voice Input Station

  • Touch Tone Input Devices
Peralatan input yang dapat mendeteksi dan mentransformasikan nada tekanan ke dalam komputer.
Multimedia Audio Device (MAD)
    • Televisi
Suatu alat yang dapat menayangkan program-program televisi melalui komputer.
    • Video Cassette Recorder (VCR)
Suatu alat yang dapat membaca dan menerima (Capture) tampilan video melalui kaset tape video.
Gambar Video Cassette Recorder (VCR)
    • Video Camera
Suatu alat yang dapat merekam gambar/object bergerak dan dapat dihubungkan ke computer lewat port penghubung.
Gambar Video Camera

2.6 Output Device (Peralatan Output)
Peralatan output adalah peralatan dapat menerjemahkan/mentransformasikan hasil pengolahan data kepada user. Contoh : Printer, Monitor, dsb. Output diartikan sebagai data/informasi yang disajikan oleh komputer setelah melalui suatu proses.

2.6.1 Jenis-jenis Peralatan Output
Adapun Jenis-jenis peralatan output adalah sebagai berikut :
  • Visual Display (Monitor)
Disebut juga dengan Video Display Terminal (VDTs), yaitu peralatan output yang berfungsi menampilkan visualisasi gambar, teks, image, dsb.
Gambar Monitor

Karakteristiknya :
    • Monochrome Display : Hanya menyajikan warna hitam putih saja
    • Refresh
Rata-rata waktu untuk menrefreshment (penyegaran) kembali visualisasi image, yaitu : 45-100 kali/detik.
    • Graphics Standard
VGA, SVGA, XGA
Jenis Screen :
LCD, CRT
Printer
Merupakan peralatan output yang dapat mencetak data berepa
karakter/huruf/gambar(image) ke suatu media(kertas,plastik, dsb).
Jenis printer menurut alat cetaknya :
Impact Printer
Printer yang mencetak karakter/huruf/gambar, dengan cara bersentuhan secara fisik antara kertas denagn alat cetaknya (head).
  • Dot Matrix Printer
Gambar Dot Matrix Printer
  • Chain Printer
  • Band Printer
            Gambar Band Printer

o Drum Printer

b. Non Impact Printer
Printer yang mencetak karakter huruf/gambar, dengan cara tanpa bersentuhan secar fisik antara kertas dengan alat cetaknya. Hasil cetaknya terjadi karena adanya proses pemanasan, proses kimia atau proses penyemprotan (spraying).

o Inkjet Printer, cth : HP, Cannon, dsb

Gambar Inkjet Printer
    • Laser Printer, cth : Laserjet, dsb
Gambar Laser Printer
    • Thermal Printer, cth : Elton Internasional TLP 2044,
Gambar Thermal Printer
Menggunakan 4 warna, yaitu kuning, merah muda, biru, hitam.

Jenis Printer menurut Cara cetaknya :

  • Character Printer
Printer yang mencetak perkarakter setiap waktu.
Cth : LX300, LQ 2180, dsb.

o Line Printer
Printer yang mencetak perbaris setiap waktu.

Cth : Inkjet Printer.

o Page Printer
Printer yang mencetak perhalaman setiap waktu.

Cth : laser jet printer

Plotters
Peralatan output yang khusus mencetak gambar – gambar/grafik/peta, dsb.

Plotter memiliki 2 komponen, yaitu :
  • Flatbed (body/badan dari plotter)
  • Drum (pengulung kertas yang besar)
Gambar Plotter

Computer Output Microfilm (COM)
Peralatan output yang dapat mencetak image/gambar ke kertas khusus (Film) yang berukuran kecil. Film atau kertas khusus untuk menyimpan output dari com disebut microfiche.
Gambar Computer Output Microfilm (COM)

Audio Response Unit (ARU)

Peralatan output yang dapat merubah data/informasi menjadi suara/bunyi.
Disebut juga speech syntesis atau voice output device atau voice syntesis.
Gambar Voice Output Device dalam bentuk Flash Memory

2.7 Communication Device (Peralatan Komunikasi)
Peralatan yang berguna untuk berkomunikasi antar komputer, dapat menerima dan mengirimkan signal dari / ke komputer, disebut juga dengan prosesor komunikasi seperti Modem. Modem (Modulation Demodulation) adalah suatu alat yang berfungsi mengubah sinyal digital dari komputer menjadi sinyal analog yang dapat merambat pada jaringan telepon (atau sebaliknya dari analog ke digital).

Jenis – jenis modem :
  • External vs Internal modem
  • Smart modem
  • Fax modem

Kecepatan modem, diantaranya :
1200.2400.9600 BPS
14.4.28.8.33.6.56.6 KBPS, dsb

Untuk dapat berkomunikasi antar komputer dalam jaringan lokal, digunakan prosesor komunikasi yang disebut NIC (Network Interface Card). Kecepatannya 10 Mbps, 10/100 Mbps.
by Facebook Comment

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar