2.1 Arsitektur Komputer
Sebelum
mempelajari lebih lanjut mengenai perangkat-perangkat komputer yang berperan
penting dalam Teknologi Informasi, perlu diketaui terlebih dahulu apa yang dimaksud
dengan arsitektur komputer. Arsitektur komputer adalah rancangan konseptual dan
struktur operasional mendasar dari sistem komputer. Selain itu, aristektur
komputer juga dapat diartikan sebagai “cetak biru” (blue print) dan deskripsi
fungsional dari kebutuhan-kebutuhan (requirements) serta implementasi rancangan
untuk berbagai bagian dari komputer.
Arsitetur
komputer menjadi suatu perhatian yang sangat penting sehubungan dengan cost dan
performance. Walaunpun pertimbangan-pertimbangan lain seperti ukuran, feature
dan lain sebagainya juga penting, namun biaya (cost) dan performance (kinerja)
komputer menjadi pertimbangan utama. Sistem Komputer adalah komputer dan
komponen – komponen lain yang terhubung atau berhubungan dengannya. Adapun
komponen Sistem Komputer terdiri dari :
- Hardware (Perangkat Keras)
- Software (Perangkat Lunak)
- Data dan Informasi
- Prosedur (Procedure)
- Brainware (Manusia)
Sistem
adalah suatu kesatuan dari komponen – komponen yang saling berintegrasi untuk
mencapai tujuan tertentu. Komponen sistem terdiri dari :
Gambar Komponen
Sistem
Sebelum
mengenal lebih jauh mengenai komponen-komponen komputer tersebut, perlu
diketahui komponen komputer secara umum seperti terlihat pada gambar berikut:
Gambar Komponen
dalam Komputer (PC)
2.2 Pengertian Perangkat Keras (Hardware)
Hardware
adalah komponen fisik yang digunakan untuk aktivitas input, proses, output, dan
penyimpanan pada suatu sistem komputer. Komponen hardware terdiri dari :
- Central Processing Unit (CPU)
- Media penyimpanan (Storage) atau Memory (Primary and Secondary Storage)
- Input Device (Peralatan Input)
- Output Device (Peralatan Output)
- Communication Device (Peralatan Komunikasi)
2.3 Central Processing Unit (CPU)
CPU
merupakan bagian dari komputer yang mengeksekusi atau menjalankan instruksi –
instruksi dari program dan memproses data seperti perhitungan. Program dalah
rangkaian atau kumpulan instruksi yang bertujuan menjalankan suatu tugas tertentu.
CPU
adalah prosesor mikro yang terbuat dari jutaan transistor microscopic dalam suatu
circuit pada suatu chip. Chip adalah kumpulan komponen – komponen elektronik
yang sangat kecil. Chip dapat melakukan proses seperti perhitungan arithmatika,
membentuk garis, image (gambar), dan suara.
Berikut beberapa
contoh CPU :
Gambar CPU atau
Processor
CPU memiliki 2
komponen utama, yaitu :
1. Control Unit
Bagian
Control Unit ini berfungsi untuk mengawasi dan mengatur aktivitas komputer.
Control unit diidentifikasi (disamakan) dengan bagian otak manusia yang
mengawasi dan mengatur seluruh kegiatannya, seperti bekerja, bermain, belajar,
dan sebagainya. Semua kegiatan/aktivitas komputer dilaksanakan sesuai dengan
instruksi yang diterima oleh Control Unit. Control ini tidak menjalankan
instruksi – instruksi sebagaimana otak tidak menjalankan kegiatan seperti
bekerja, bermain, belajar, dsb. Tetapi control unit hanya mengawasi saja.
2. Arithmatic-Logic Unit (ALU)
Bagian
ALU ini berfungsi melakukan perhitungan/operasi aritmatika dan logika. Operasi
aritmatika yaitu melakukan perhitungan matematika, terdiri dari : penambahan
(addition), pengurangan(substraction), perkalian (multiplication), dan
pembagian (division). Operasi logika yaitu : membandingkan suatu element
informasi dengan yang lainnya, terdiri dari : >, <, >=, <=, =,
<>.
2.3.1 Machine Cycle (Siklus Mesin)
Proses
dari suatu instruksi bahasa mesin disebut dengan Siklus Mesin (Machine Cycle).
Siklus mesin terdiri dari tahapan – tahapan proses yang dilakukan oleh mesin
(CPU), di mana seluruh proses diatur oleh Control Unit dan bekerja sama dengan
ALU dan memory.
Proses yang dilakukan ada 4 tahap, yaitu :
- Fetch ; Tahap pengambilan (membaca) instruksi dari memory.
- Decode ; Tahap menterjemahkan instruksi ke dalam perintah – perintah yang dapat dimengerti oleh komputer.
- Execute ; Menjalankan (mengeksekusi) aksi (action) dari instruksi yang diterima.
- Store ; Penyimpanan hasil proses ke memory.
Proses pada siklus mesin terdiri atas dua bagian utama, yaitu Instruction
Cycle (ICycle) atau Instruction Time (I-Time) yang meliputi tahap fetch dan
decode serta Execution Cycle (E-cycle) atau Execution Time (E-Time) yang
meliputi tahap execute dan store. Pada I-Cycle, instruksi dipindahkan dari
memori ke CPU dan dipahami oleh CPU. Selanjutnya pada bagian E-Cycle, tindakan
atau perintah dari instruksi tersebut dijalankan.
Gambar Siklus
Instruksi Mesin
2.3.2 Register
Register
merupakan tempat penampungan/penyimpanan sementara (temporary storage) yang ada
di prosesor (bukan di memori utama). Register dapat menyimpan instruksi, alamat
penyimpanan, atau jenis data lainya. Register dapat memindahkan data dan
intruksi lebih cepat dari pada memori utama, dan juga dapat menyimpan data atau
instruksi yang akan diproses dan hasil proses tersebut. Register juga dapat membantu
ALU dalam menjalankan operasi aritmatika dan logika.
Register harus
memiliki ukuran yang cukup besar untuk menyimpan suatu instruksi. Contohnya,
untuk instruksi komputer dengan panjang 32 bit, register juga harus memiliki
panjang minimal 32 bit.
Ada 4 tipe register, yaitu
:
- Storage Register (Register Penyimpanan)
Register
yang menampung/menyimpan data sementara yang dipindahkan memori dan menerima hasil proses yang akan dikirim ke
memori.
- Address Register (Register Alamat)
Register
yang menyimpan alamat – alamat data, yang akan digunakan untuk menjalankan(executing)
instruksi.
- Accumulator
Register
yang berfungsi menyimpan hasil perhitungan aritmatika. Dari accumulator, data
kemudian dipindahkan ke memori atau register lain untuk diproses lebih lanjut.
- General Purpose Register
Register
yang dapat menyimpan data, alamat hasil perhitungan aritmatika.
2.3.3 Kemampuan Prosesor
Kecepatan
merupakan salah satu alasan mengapa orang banyak menggunakan Teknologi
Informasi (TI). Komputer dapat melakukan jutaan hitungan per detik secara
konsisten (tetap), akurat (tetap) dan reliabilitas (dapat dipercaya). Terdapat
3 elemen (komponen) yang dapat mempengaruhi kecepatan komputer, yaitu:
- System Clock
Karena komputer bekerja pada kecepatan yang tinggi, maka
sinkronisasi dari tugas – tugas/kegiatan
yang dikerjakan adalah dasar untuk meyakinkan bahwa tugas/kegiatan dilaksanakan
dengan teratur. Semua computer memiliki System Clock, yaitu sebuah sirkuit
(komponen elektronik kecil) yang menghasilkan pulsa elektronik dengan kecepatan
yang tetap (fixed rate) untuk mengsinkronisasi kegiatan proses.
System Clock diukur dengan satuan MegaHertz (Mhz), yaitu
jutaan pulsa elektronik yang dihasilkan per detik. 1 Mhz berarti 1 juta pulsa
elektronik yang dihasilkan per detik. Kecepatan komputer dalam Mhz bervariasi
untuk setiap komputer. Seperti 66 Mhz, 133 Mhz, dsb. Semakin besar Mhz dalam System
Clock maka semakin tinggi kecepatannya.
- Bus Width
Pada saat melakukan proses, secara internal terjadi
perpindahan data di dalam komputer. Data dipindahkan dari peralatan input
(input device) ke memori, dari memori ke prosesor, dari prosesor ke memori,
dari memori ke store device, dari memori ke output device. Lintasan atau jalur
di mana data dipindahkan disebut BUS. Seperti pada System Clock, BUS juga
merupakan suatu sirkuit elektronik.
Terdapat 2 jenis bus, yaitu :
- I/O Bus
Yaitu
Bus yang berfungsi mengatur dan menghubungkan perpindahan antara Input Output
Device (I/O device) dengan prosesor.
- Data Bus
Yaitu
Bus yang mengatur dan menghubungkan perpindahan data antar prosesor dengan
memori.
Gambar Proses Perpindahan Data Melalui Bus
Lebar Bus akan menentukan besarnya data yang dapat
dipindahkan atau dikirim tiap waktu. Misalnya BUS 8 bit, dapat menstranmisikan (mengirimkan)
8 bit data tiap waktu. Lebar BUS yang makin besar maka kecepatan perpindahan
datanya makin besar.
- Word Size (Ukuran word)
Word adakah ukuran/satuan yang menunjukkan jumlah bit
yang dapat diproses komputer tiap waktu, ukuran word dapat dinyatakan dalam bits(Binary
digit). Misalnya word 1-Byte terdiri dari 8 bit, word 2-Byte terdiri dari 16
bit, word 3-Byte terdiri dari 32 bt, dsb.
Semakin besar ukuran word (word size), maka semakin cepat computer dapat
memproses data dan melakukan operasi aritmatika dan logika.
2.3.3.1 Jenis Proses
Ada beberapa jenis proses,
yaitu :
- Serial Processing
Mengerjakan
suatu job atau proses secara one by one (satu persatu).
- Parallel Processing
Mengerjakan
suatu job atau proses secara serentak (sekaligus).
Ada 2 jenis parallel
processing, yaitu :
- SIMD (Single Instruction Multiple Data)
SIMD
merupakan proses dimana lebih dari satu prosesor menjalankan (mengeksekusi)
instruksi yang sama pada waktu yang bersamaan. Setiap prosesor beroperasi pada
data yang berbeda.
- MIMD (Multiple Instruction Multiple Data)
Pada
MIMD, prosesor menjalankan (mengeksekusi) instruksi yangberbeda-beda, pada
waktu yang bersamaan untuk data yang berbeda.
Pipeline
Processing
Penggabungan
dari serial processing dan parallel processing.
Proses memiliki
4 tahapan yaitu :
- Pengambilan instruksi
- Penerjemahan instruksi
- Eksekusi / menjalankan instruksi
- Penulisan kembali hasil
2.3.3.2 Meningkatkan Kecepatan Prosesor
Berikut
beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kecepatan
prosesor :
- Cache Memory
Cache Memory adalah memori yang sangat cepat aksesnya, dirancang
khusus untuk meningkatakan kecepatan transfer dan proses data. Cache Memory berfungsi
sebagai tempat penyimpanan sementara data dan informasi yang sering digunakan
oleh CPU, sehingga CPU dapat mengakses langsung ke Cache Memory. Tanpa harus
mengakses terlebih dahulu ke memori utama. Teknik ini akan lebih menghemat
waktu jika dibandingkan harus mengakses langsung ke main memory (memori utama).
Cache Memory biasanya terdapat pada prosesor, motherboard(mainboard). Kecepatan
Cache Memory bergantung pada besarnya ukuran Cache Memory pada CPU.
- Co-Processor
Co-Processor
adalah chip tambahan yang dapat mempercepat kerja prosesor.
- Accelerator Board
Accelerator
Board adalah papan sirkuit (Circuit Board) tambahan yang dapat mempercepat
kerja.
- Increased Chip Denity (Kepadatan) and Integration
Meningkatkan/menambahkan
kepadatan (jumlah) Chip yang terintegrasi (Terhubung satu sama lain) untuk
mempercepat kerja prosesor.
- RISC (Reduced Instruction Set Computing)
Salah
satu tipe proses data di mana data – data yang akan dieksekusi (dijalankan)
disimpan di register. Pada proses ini, lebih banyak menggunakan register dari
pada memori.
- Parallel Processing
Parallel
Processing yang juga dikenal dengan sebutan parallel computing adalah proses
berjalannya suatu program dengan menggunakan beberapa CPU. Setiap program
dibagi atas beberapa bagian , dan setiap bagian berjalan pada satu CPU. Namun
demikian, jenis proses seperti ini biasanya membutuhkan perangkat lunak yang
disebut dengan distributed processing software.
2.4 Media Penyimpanan atau Memory (Primary
and Secondary Storage)
Media
penyimpanan (storage) merupakan media yang berfungsi sebagai tempat penampungan
atau penyimpanan data atau informasi dalam bentuk informasi binary. Media
penyimpanan (storage) terdiri atas tiga jenis, yaitu sebagai berikut :
a. Primary
Storage
b. Secondary Storage
Gambar
Komponen-Komponen Memori
Memori sering
digunakan untuk :
- Meyimpan/menampung program system operasi (Operating System) di computer. Seperti DOS< OS/2, Linux, Unix, Novel, Windows, dsb.
- Menyimpan/menampung program aplikasi. Seperti Word Processing, Spreadsheet, Program Inventory, Program Penjualan, dsb.
- Menyimpan data dan informasi sementara, menerima data/informasi dari input device danm engirimkannya ke putput device.
- Menyimpan data dan infiromasi untuk diproses lebih lanjut.
- Menyediakan ruang tambahan (space cadangan) untukprogram dan data yang lain.
2.4.1 Karakteristik Media Penyimpanan
Media
Penyimpanan (Storage) memiliki karakteristik sebagai berikut :
- Kecepatan
Waktu
dibutuhkan utuk membaca atau menulis data. Cost meningkat sejalan dengan
meningkatnya kecepatan.
- Volatility
Kemampuan
menyimpan data ketika tidak ada sumber daya (Power supply). Untuk media yang
tergolong volatile, maka cost menurun dengan meningkatnya volatility.
- Metode Akses (Access Method)
Metode akses
terdiri atas tiga jenis :
- Serial Access
Metode
akses dimana proses penyimpanan dan memperoleh data diakukan dengan urutan
linear. Contoh : Magnetic Tape.
- Random Access
Metode
akses dimana tidak tergantung terhadap urutan tertentu. Contoh : Hard Disk
o Paralell
Access
Metode akses
dimana dilakukan secara bersamaan terhadap lebih dari
satu lokasi
media penyimpanan. Contoh : Random Access Memory (RAM).
- Portability
Portability
adalah kemampuan untuk melakukan install atau memasang
dan melepaskan
media penyimpanan dari komputer. Portability
meningkatkan
cost.
- Capacity
Capacity
merupakan jumlah data maksimum yang disimpan oleh suatu
media
penyimpanan. Cost biasanya meningkat sejalan dengan
meningkatnya
kapasitas suatu media penyimpanan.
Hirarki media
penyimpanan memori berdasarkan karakteristiknya, dapat
digambarkan
sebagai berikut :
Gambar Hirarki
Memori
2.4.2 Jenis-Jenis Media Penyimpanan
(Storage)
Berikut
ini akan diuraikan jenis-jenis dari media penyimpanan (storage) :
a. Primary
Storage
Primary Storage
adalah media penyimpanan yang langsung dapat diakses
oleh CPU.
Primary Storage
terdiri atas :
1. RAM (Random
Access Memory)
Jenis memori
yang dapat ditulis (write) dan dapat dibaca (read). RAM
menyimpan data
untuk sementara, yaitu selama komputer dalam keadaan
hidup (on). Data
dan informasi yang tersimpan di RAM akan hilang bila
komputer mati
(off).
Berikut salah
satu contoh RAM :
Gambar RAM
Ada beberapa jenis RAM
yaitu :
o DRAM (Dynamic
RAM)
Data
dan informasi disimpan secara dinamik, yang berarti bahwa perlu
dilakukan
refreshment (penyegaran) proses secara terus menerus.
Gambar DRAM
o SRAM (Static
RAM)
Data
dan informasi disimpan secara tetap (indefinitely), dimana tidak
perlu dilakukan
refreshment (penyegaran) proses. SRAM lebih cepat
prosesnya
dibandingkan DRAM.
Gambar SRAM
o EDORAM
(Extended Data Out RAM)
Menggunakan
tipe SIMM (Single In-Line Memory Module), memiliki
72pin.
Gambar EDORAM
o SDRAM
(Synchronous Dynamic RAM)
Menggunakan
tipe DIMM (Dual In-line Memory Module), memiliki
168pin. SDRAM
lebih cepat aksesnya dari pada EDORAM.
Gambar SDRAM
2. ROM (Read
Only Memory)
Jenis memori
yang dapat menyimpan data dan informasi walaupun
komputer
dimatikan (off).
Ada beberapa jenis ROM,
yaitu :
o PROM
(Programmable ROM)
Data
dan informasi hanya bisa diprogram (diubah) sekali saja, yaitu
pada saat
pertama kali menggunakan (menghidupkan) komputer.
Gambar PROM
o EPROM
(Eraseble PROM)
Data
dan informasi bisa dihapus dengan bantuan sinar ultraviolet.
Gambar EPROM
o EEPROM
(Electrically EPROM)
Data
dan informasi yang tersimpan dapat dihapus dan diprogram
ulang secara
elektronis (menggunakan aliran listrik).
Gambar EEPROM
3. Circuit Board
Yaitu papan
memory yang secara fisik tersusun atas sirkuit-sirkuit.
Ada 2 tipe circuit board,
yaitu :
o SIMM (Single
In-line Memory Module)
Chip
memori yang tersusun pada papan memory, terdiri atas 72 Pin
module, 7-16bit
data
o DIMM (Dual
In-line Memory Module)
Chip memori yang
tersusun pada papan memory terdiri atas 168 Pin
module, 32-72
bit data.
4. Cache Memory
(Flash RAM)
Tempat penyimpanan/penampungan
data dan informasi yang membantu
mempercepat
kerja prosesor.
Gambar Cache
Memory
5. Video Memory
(VRAM)
Memori yang
menyimpan data-data bergambar (video)
Gambar Video
Memory Stick
Lembaga
Sertifikasi Profesi Telematika Indonesia
43
6. Flash Memory
Memori yang
dapat menyimpan data dan informasi bila komputer
dimatikan (off).
Data dan informasi yang tersimpan dapat dihapus dan
ditulis kembali
melalui suatu program khusus.
Gambar Flash
Memory
b. Secondary
Storage
Secondary
Storage adalah media penyimpanan eksternal atau yang berada di
luar dari
komponen komputer. Secondary Storage dapat menyimpan data
dalam jumlah
besar dan permanent. Secondary storage disebut juga dengan
auxiliary
storage.
Secondary
Storage terdiri atas :
1. Magnetic
Storage
Storage
device yang terbuat dari bahan yang mengandung magnetic. Ada
2 macam magnetic
storage, yaitu :
- Magnetic tape
Magnetic
storage yang berbentuk tape/kaset.Cth:tape/kaset back-up.
- Magnetic Disk
Magnetic
storage yang berbentuk disc. Cth : floppy disk dan hard disk.
Gambar
Magnetic Tape Gambar Magnetic Disk
Magnetic Disk
terdiri dari :
- Hard Disk
Gambar
Contoh Hardisk
- Floppy Disk (Diskette)
Gambar
Floppy Disk
2. Optical
Storage
Storage device
yang terbuat dari bahan metallic. Contohnya : CD Room.
2.4.3 Representasi Data dalam Memori
Secara
umum, komputer (mesin) memiliki 2 kondisi yaitu on dan off. Kedua kondisi (on
dan off) dari system ini disebut Binary System, dimana On direpresentasikan oleh
angka 1 dan off direpresentasikan oleh angka 0.
2.4.3.1 Binary Digit
Bianry
Digit adalah unit dasar untuk menyimpan data di komputer, yang terdiri dari angka
0 dan 1. Sistem Bilangan Biner adalah sistem pengkodean yang menggunakan Binary
Digit (0 dan 1)
Beberapa sistem
pengkodean bilangan / karakter (Character), yaitu :
- EBCDIC (Extended Binary Coded Decimal Interchange Code)
Sistem
pengkodean yang menggunakan 8bit untuk merepresentasikan 1 karakter. Misalnya
Character ”S” direpresentasikan oleh 11100010.
- ASCII (American Standart Code for Information Interchange)
Sistem
pengkodean yang menggunakan 7bit untuk merepresentasikan 1 karakter. Misalnya :
Character ”S” direpresentasikan oleh 1010011.
- Unicode
Sistem
pengkodean yang menggabungkan huruf besar dan huruf kecil, menggunakan 16bit
untuk merepresentasikan 1 karakter.
2.4.4 Perbandingan Primary Storage dan
Secondary Storage
Primary
Storage biasanya lebih dikenal dengan sebutan memori sedangkan Secondary
Storage biasanya dikenal dengan sebutan Storage Device.Berikut beberapa
perbedaan antara memori (primary storage) dengan secondary storage (Storage
device), antara lain :
Primary Storage
menyimpan data secara sementara/temporary sedangkan
Secondary
Storage menyimpan data secara permanent.
Primary Storage
hanya dapat menyimpan data jika komputer dalam keadaan
nyala (on). Jika
computer mati (off) maka data yang tersimpan akan hilang.
Sedangkan data
yang tersimpan pada Secondary Storage tidak akan hilang
bila komputer
mati (off).
Primary Storage
tidak bisa menyimpan data dan aplikasi yang besar, sedangkan Secondary Storage bisa.
2.4.5 Ukuran Memori
Berikut ini berbagai macam ukuran memori :
- Bit
Yaitu
Ukuran terkecil dari digit
- Byte
1Byte
= 8bit. Setiap byte merepresentasikan 1 karakter data KiloByte (KB)
1
KB = 1024 Byte atau = 8192 bit (1024 * 8)
- Megabyte (MB)
1
MB = jutaan Byte.
- GigaByte (GB)
1
GB = Miliaran Byte
Word
1 Word = 16 Bit
- DoubleWord
1 DoubleWord = 32 Bit
QuadWord
1
QuadWord = 64 Bit
2.5 Peralatan Input (Input Device)
Input
memiliki 2 pengertian, yaitu :
Data dan
informasi yang dimasukkan ke dalam komputer. Proses memasukkan data dan
informasi ke dalam komputer untuk diproses, disimpan, dipanggil kembali, atau ditransmisikan.
Peralatan Input (Input Device) adalah alat – alat yang digunakan untuk proses memasukan
data/informasi ke dalam komputer.
2.5.1 Jenis – Jenis Input Device
Peralatan
input (input device) diantaranya terdiri dari :
- Keyboard
Merupakan
peralatan input yang terdiri dari tombol – tombol huruf, angka, dan karakter
lain yang tersusun pada suatu papan berbentuk persegi panjang dan digunakan
untuk memasukkan data ke komputer.
Gambar
Keyboard
- Pointing Device
Merupakan
peralatan input yang dapat digerakkan dan dapat memiliki
petunjuk
(pointer).
Pointing
Device terdiri dari :
- Mouse
Peralatan input yang berbentuk kecil. Mempunyai bagian yang bias diklik
/ditekan dengan jari, pada bagian bawahnya terdapat sebuah bola magnetic yang
kecil yang berfungsi untuk mengerakkan pointer.
Gambar Mouse
- Pointing Stick
Peralatan input yang berbentuk seperti pena/tongkat kecil,
digunakan untuk menulis sesuatu
pada screen atau layar di notebook tertentu.
- Trackball
Peralatan input yang mirip dengan mouse. Terdapat bola kecil pada bagian
permukaannya. Di mana bola kecil tersebut dapat diputar/digerakkan dengan jari
untuk mengerakkan pointer.
Gambar Trackball
- Joystick
Peralatan input yang terdiri dari beebrapa tombol khusus penunjuk arah
(kiri, kanan, atas, bawah, dsb) utnuk mengontrol gerakan pada permainan game
komputer.
Gambar Joystick
- Touch Screen
Peralatan input yang berfungsi juga sebagai monitor, digunakan dengan
cara menekan langsung menu – menu yang ada di screen/layer.
Gambar Touch Screen
- Light Pen
Peralatan input yang berupa pena elektronik, di mana digunakan untuk
menulis sesuatu di layar/screen atau pada tatakan (tempat menulis) yang tersedia.
Gambar Light Pen
- Digitizing Tablet
Peralatan input yang dilengkapi dengan kertas bergambar khusus dan pena
elektronik, dapat mentransferkan gambar yang dibuat pada kertas khusus tersebut
ke komputer secara langsung.
Gambar Digitizing Tablet
- Terminal
Adalah
gabungan dari keyboard dan layar monitor, yang dapat menerima input data dan
ditampilkan ke layar monitor.
Gambar
Terminal
Ada 3 macam terminal,
yaitu :
- Dumb Terminal
Yaitu terminal yang tidak mempunyai kemampuan melakukan proses data,
karena tidak memiliki unit komtrol dan unit aritmatika/logika. Dumb terminal
hanya bisa menerima data dari keyboard dan menampilkan data/informasi dari
remote computer (komputer pusat) yang terhubung dengannya, serta dapat
mengirimkan data/informasi ke remote computer. Contoh : PC yang terhubung
dengan AS 400, berfungsi sebagai Dumb Teminal.
- ATM
Yaitu terminal yang dapat melakukan proses – proses lain selain menerima
input dan menampilkan data. ATM disebut juga sebagai intelligent terminals. ATM
biasanya sering digunakan oleh bank – bank untuk pernarikan cash, transfer uang
atau pembayaran rekening tertentu, pengambilan tiket, tanda parker, dsb.
- POS (Point of Sales) Terminal
Yaitu terminal yang dilengkapi dengan komponen speseial seperti tombol –
tobol numeric yang mirip dengan kalkulator. POS terminal banyak digunakan di
toko – toko grosir/departement store, untuk membantu user mempercepat entry
transaksi.
- Optical Reading Device (Scanner)
Adalah
peralatan input yang dapat mentranformasikan data/informasi tertulis/tercetak
ke dalam computer secrang langsung seperti gambar – gambar, tulisan/huruf,
peta, dsb. Scanners banyak digunakan di berbagai bidang seperti periklanan,
pendidikan, industri, dsb.
Jenis – jenis scanners :
- OCR (Optical Character Recognition)
Scanner yang dapat membaca data dari kertas.
- OMR (Optical Mark Reader)
Scanner yang dapat membaca/menerima data dari bagian yang
sudah
dihitamkan (dimark) pada kertas/form khusus.
- Barcode Reader
Scanner yang dapat membaca data dari kode-kode special yang tertera pada
suatu produk. Kode special itu direpresentasikan dengan garis-garis hitam
vertical.
Gambar Barcode Reader
- Handprint Reader
Scanner yang dapat membaca data dari tulisan tangan atau sidik jari untuk
diproses
Gambar Handprint Reader
- Image Scanner
Scanner yang dapat membaca gambar-gambar atau peta
Gambar Scanner
- Magnetic Reading Device (MRD)
Yaitu
Peralatan input yang dapat membaca sumber data yang bersifat megnetik.
Jenis
MRD :
- Magnetic Ink Character Recognition (MICR)
Peralatan input yang dapat membaca karakter yang dicetak dengan tinta
magnetik. Contoh : MRD untuk membaca cek giro.
Gambar Magnetic Ink Character Recognition
- Digital Camera
Peralatan input yang dapat mendeteksi dan mentransformasikan gambar/object
secara langsung ke komputer.
Gambar Digital Camera
- Voice and Sound Input
Peralatan
input yang dapat mendeteksi dan mentransformasikan bunyi dan\suara ke dalam komputer.
Gambar
Voice Input Station
- Touch Tone Input Devices
Peralatan
input yang dapat mendeteksi dan mentransformasikan nada tekanan ke dalam
komputer.
Multimedia
Audio Device (MAD)
- Televisi
Suatu alat yang dapat menayangkan program-program televisi melalui komputer.
- Video Cassette Recorder (VCR)
Suatu alat yang dapat membaca dan menerima (Capture) tampilan video
melalui kaset tape video.
Gambar Video Cassette Recorder (VCR)
- Video Camera
Suatu alat yang dapat merekam gambar/object bergerak dan dapat dihubungkan
ke computer lewat port penghubung.
Gambar Video Camera
2.6 Output Device (Peralatan Output)
Peralatan
output adalah peralatan dapat menerjemahkan/mentransformasikan hasil pengolahan
data kepada user. Contoh : Printer, Monitor, dsb. Output diartikan sebagai
data/informasi yang disajikan oleh komputer setelah melalui suatu proses.
2.6.1 Jenis-jenis Peralatan Output
Adapun
Jenis-jenis peralatan output adalah sebagai berikut :
- Visual Display (Monitor)
Disebut
juga dengan Video Display Terminal (VDTs), yaitu peralatan output yang
berfungsi menampilkan visualisasi gambar, teks, image, dsb.
Gambar
Monitor
Karakteristiknya
:
- Monochrome Display : Hanya menyajikan warna hitam putih saja
- Refresh
Rata-rata waktu untuk menrefreshment (penyegaran) kembali visualisasi
image, yaitu : 45-100 kali/detik.
- Graphics Standard
VGA, SVGA, XGA
Jenis Screen :
LCD, CRT
Printer
Merupakan
peralatan output yang dapat mencetak data berepa
karakter/huruf/gambar(image)
ke suatu media(kertas,plastik, dsb).
Jenis printer
menurut alat cetaknya :
Impact Printer
Printer yang
mencetak karakter/huruf/gambar, dengan cara bersentuhan secara fisik antara
kertas denagn alat cetaknya (head).
- Dot Matrix Printer
Gambar
Dot Matrix Printer
- Chain Printer
- Band Printer
Gambar
Band Printer
o Drum Printer
b. Non Impact
Printer
Printer yang
mencetak karakter huruf/gambar, dengan cara tanpa bersentuhan secar fisik
antara kertas dengan alat cetaknya. Hasil cetaknya terjadi karena adanya proses
pemanasan, proses kimia atau proses penyemprotan (spraying).
o Inkjet
Printer, cth : HP, Cannon, dsb
Gambar Inkjet
Printer
- Laser Printer, cth : Laserjet, dsb
Gambar Laser Printer
- Thermal Printer, cth : Elton Internasional TLP 2044,
Gambar Thermal Printer
Menggunakan 4 warna, yaitu kuning, merah muda, biru, hitam.
Jenis Printer
menurut Cara cetaknya :
- Character Printer
Printer
yang mencetak perkarakter setiap waktu.
Cth
: LX300, LQ 2180, dsb.
o Line Printer
Printer yang
mencetak perbaris setiap waktu.
Cth : Inkjet
Printer.
o Page Printer
Printer yang
mencetak perhalaman setiap waktu.
Cth : laser jet
printer
Plotters
Peralatan output
yang khusus mencetak gambar – gambar/grafik/peta, dsb.
Plotter memiliki
2 komponen, yaitu :
- Flatbed (body/badan dari plotter)
- Drum (pengulung kertas yang besar)
Gambar
Plotter
Computer Output
Microfilm (COM)
Peralatan output
yang dapat mencetak image/gambar ke kertas khusus (Film) yang berukuran kecil.
Film atau kertas khusus untuk menyimpan output dari com disebut microfiche.
Gambar Computer
Output Microfilm (COM)
Audio Response
Unit (ARU)
Peralatan output
yang dapat merubah data/informasi menjadi suara/bunyi.
Disebut juga
speech syntesis atau voice output device atau voice syntesis.
Gambar Voice
Output Device dalam bentuk Flash Memory
2.7 Communication Device (Peralatan
Komunikasi)
Peralatan
yang berguna untuk berkomunikasi antar komputer, dapat menerima dan mengirimkan
signal dari / ke komputer, disebut juga dengan prosesor komunikasi seperti
Modem. Modem (Modulation Demodulation) adalah suatu alat yang berfungsi
mengubah sinyal digital dari komputer menjadi sinyal analog yang dapat merambat
pada jaringan telepon (atau sebaliknya dari analog ke digital).
Jenis – jenis
modem :
- External vs Internal modem
- Smart modem
- Fax modem
Kecepatan modem,
diantaranya :
1200.2400.9600
BPS
14.4.28.8.33.6.56.6
KBPS, dsb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar