6.1 Pengertian Internet
Internet
yang merupakan jaringan komputer terbesar didunia, sebenarnya adalah sebuah
jaringan dalam jaringan-jaringan. Internet adalah koleksi lebih dari 200.000 jaringan
komputer individual yang dimiliki oleh pemerintah-pemerintah, universitasuniversitas,
nonprofit groups, dan perusahaan-perusahaan. Jaringan – jaringan ini terhubung
dengan kecepatan yang tinggi dan jarak yang jauh. Demikianlah, internet membentuk
jaringan elektronik yang besar di antara bisnis, konsumen, agen pemerintah,
sekolahan, dan organisasi lain di dunia, serta membuka kemungkinan - kemungkinan
baru yang menantang cara tradisional dalam berinteraksi, berkomunikasi, dan
menjalankan bisnis. Pada saat yang bersamaan , internet juga mengangkat
masalah/isu-isu baru yang berhubungan dengan budaya dan hukum. Internet adalah
sebuah dimensi komunikasi baru, yaitu sebuah elektronik di dalam dunia maya
yang menyebabkan waktu dan tempat tidak lagi mempunyai arti.
6.2 Evolusi Dari Internet
Internet
bermula sebagai satu jaringan, disebut ARPANET. Jaringan ini pada tahun 1969
merupakan hasil eksperimen dari pemerintah US dalam packet-switched networking.
Pada awal tahun 1980, ARPANET terbagi dalam 2 jaringan, yaitu ARPANET dan
Milnet (jaringan militer yang tidak terklasifikasi).
Pada
awal tahunnya, akses ke ARPANET dibatasi untuk militer, kontraktor pertahanan
(defense contractors), dan universitas yang melakukan penelitian. Cooperative,
decentralized network seperti UUCP, jaringan komunikasi UNIX, dan USENET
(User’s Network) disahkan pada tahun 1970, pada awalnya melayani komunikasi
akademik dan kemudian berkembang pada pelayanan organisasi – organisasi yang
komersial. Pada awal tahun 1980, jaringan – jaringan seperti Computer Science
Network (CSNET) dan BITNET, mulai menyediakan jaringan yang tersebar secara
nasional untuk bagian akademik dan komunitas – komunitas penelitian. Jaringan
ini bukanlah bagian dari internet, melainkan special connections yang dibuat
untuk memungkinkan pergantian informasi di antara dua jaringan tersebut.
6.2.1 Internet pada Saat ini
Pertambahan
jumlah komputer dan jaringan – jaringan yang terhubung dengan internet
berkembang cepat. Tahun 1998, kurang dari 2% orang dewasa di seluruh dunia
telah mengakses internet. Dari hasil analisa, diperkirakan pada tahun 2001, 500
juta orang di seluruh dunia adalah pengguna internet. Internet ialah
internasional, dengan pemakai yang tersebar di seluruh benua, termasuk
Antartika. Pendapatan masyarakat membatasi jumlah pengguna internet di negara –
negara berkembang, karena harga komputer (PC) serta internet connections sangat
tinggi (mahal) bagi sebagian besar masyarakat.
6.2.2 Infrastuktur dari Internet
Infrastruktur
internet disediakan oleh penyedia layanan jaringan (network service
providers)
seperti UUNET, an MCI WorldCom company, GTO Internetworking, Sprint, dll.
Perusahaan yang memberikan layanan internet disebut dengan Internet Service Providers
(ISPs).
6.3 Penggunaan Internet
Beberapa
aturan yang biasa digunakan untuk mengirim dan menerima paket dari mesin ke
mesin lain melalui internet dikenal sebagai Internet Protocol (IP).
Protokolprotokol lain yang digunakan dalam koneksi IP, yang paling dikenal
adalah Transmission Control Protocol (TCP) , beroperasi pada model transport
layer of the ISO-OSI.IP dan TCP Protokol biasanya digunakan secara bersamaan. Internet
memecah (breaks) setiap pesan ke dalam paket – paket. Setiap paket mengandung
alamat mesin pengirim dan penerima.
6.3.1 Alamat di Internet
Setiap
komputer di internet mempunyai alamat yang ditentukan, disebut IP Address yang
merupakan identifikasi unik yang membedakan komputer tersebut dari komputer
lain. Nomor IP ini mempunyai empat bagian yang dipisahkan oleh titik(dot).
Contohnya nomor IP 202.155.89.51
Kebanyakan
komputer juga mempunyai nama, agar lebih mudah bagi orang-orang
untuk mengingat
dari pada harus mengingat IP address. Nama-nama ini berasal dari sistem
penamaan domain, disebut Domain Name System (DNS). Domain Name System terdiri
dari beberapa bagian, dipisahkan oleh titik(dot) dan diartikan dari kanan ke
kiri. Contohnya software.ibm.com
Dua
huruf yang paling kanan dalam sebuah nama domain, jika ada, mewakili Negaradari
situs web itu. Sebagai contoh, “us” adalah singkatan untuk amerika serikat,
“de” untuk jerman, “it” untuk Italia, “ru” untuk rusia. Di Amerika Serikat,
“us”-nya dihilangkan.
6.3.2 Akses Internet
Pengguna
Internet dapat melakukan akes terhadap internet dengan berbagai macam cara.
Berikut diuraikan beberapa cara untuk melakukan akses terhadap internet :
- Dial-up
Dial-up merupakan metode akses internet yang menggunakan
modem terhubung ke internet dan saluran telepon sebagai media untuk menghubungi
penyedia layanan internet atau yang dikenal dengan sebutan Internet Service Provider
(ISP). Hal ini dimaksudkan untuk membangun jaringan antar modem (modem-to-modem
link) yang kemudian diteruskan ke internet dengan menggunakan router.
- Landline Broadband
Akses internet dengan metode broadband merupakan akses
internet dengan laju transmisi data yang tinggi. Teknologi yang biasa digunakan
untuk hal ini adalah Digital Subscriber Line (DSL) dan kabel modem. Teknologi
mampu melakukan transmisi data 256Kb per detik atau lebih, dengan kecepatan 4 kali
lebih cepat dari modem yang menggunakan saluran telepon standar.
o
DSL
Digital Subcriber Line merupakan teknologi penyedia tranmisi data digital
melalui kabel dari jaringan telepon lokal.
o
Cable Modem
Kabel modem merupakan modem jenis khusus, yang dirancang untuk memodulasi
sinyal data melalui infrastruktur televisi kabel (cable television infrastructure).
Teknologi ini megambil keuntungan dari bandwidth yang tidak digunakan, pada
jaringan televisi kabel. Berikut salah satu contoh cable modem yang digunakan
untuk broadband internet access :
Gambar Contoh Cable Modem untuk Broadband Internet Acces
- Wi-Fi
Teknologi Wi-Fi dikembangkan berdasarkan teknologi
WLAN(Wireles Local Area Network) yaitu jaringan lokal dengan menggunakan
gelombang radio. Teknologi Wi-Fi pada awalnya dimaksudkan untuk peralatan
mobile, seperti Laptop, penggunaan pada jaringan, namun pada saat ini banyak
digunakan untuk akses internet. Pengguna peralatan Wi-Fi seperti komputer,
telepon, Peronal Digital Assistant (PDA) dapat terhubung ke internet ketika
berada di sekitar acces point. Acces Point adalah peralatan yang menghubungkan
peralatan-peralatan komunikasi wireless untuk membentuk suatu jaringan
wireless. Beberapa access point meliputi suatu daerah atau wilayah yang disebut
dengan hotspot. Teknologi Wi-Fi juga dapat digunakan untuk membangun koneksi
peer-topeer, yaitu koneksi antara suatu peralatan langsung dengan peralatan lainnya.
- Satellite
Koneksi
internet dengan menggunakan satelit digunakan pada lokasi yang akses terhadap
internet tidak tersedia.
- Cell Phones
Cell
Phone yang juga dikenal dengan sebutan mobile phone merupakan peralatan telekomunikasi elektronik. Pada saat ini
telah banyak cell phone yang dilengkapi dengan fasilitas untuk akses internet.
6.4 Layanan yang Disediakan oleh Internet
Internet
menyediakan empat tipe layanan : Komunikasi, Pencarian Kembali Informasi
(information retrieval), Layanan Web, dan World Wide Web. Layanan komunikasi
termasuk di dalamnya mail eletronik, USENET newsgroup, LISTERVs, Chatting,
Telnet, Internet telephony, dan Internet fax. Layanan pencarian kembali informasi
termasuk di dalamnya gophers, Arche WAIS, File Transfer Protocol (FTP) dan
Veronica. Layanan Web menyediakan aplikasi software melalui internet.
6.4.1 Layanan Komunikasi
Layanan
komunikasi yang ada di internet adalah revolusi antara komunikasi personal dan
bisnis. Berbagai macam jenis data dapat diakses melalui internet. Di samping
itu beberapa layanan komunikasi memungkinkan komunikasi yang interaktif
antarindividu dan kelompok di seluruh dunia.
6.4.1.1 Surat Elektronik (e-mail)
Internet
adalah sistem email yang paling penting di dunia, karena menghubungkan banyak
manusia dan organisasi. Surat elektronik adalah aplikasi yang memungkinkan
pesan elektronik untuk dikirim antara individu melalui kabel telepon atau
melalui jaringan tanpa kabel.
6.4.1.2 USENET Newsgroup (Forums)
USENET
adalah suatu protokol yang menggambarkan bagaimana sekelompok pesan dapat
disimpan dan dikirim antar komputer. Para pemakai dapat log on ke server untuk
membaca pesan atau mempunyai komputer yang secara otomatis mendownload pesan
untuk dibaca. USENET menyediakan suatu forum untuk para pemakai yang tertarik
pada internet itu. Forum ini dibagi menjadi beberapa newsgroups. Usenet
newsgroups adalah kelompok diskusi internasional di mana orang berbagi gagasan
dan informasi di dalam topik tertentu.
Diskusi
di dalam newsgroups berlangsung pada papan buletin elektronik, di mana seseorang
dapat mempostkan pesan bagi yang lain untuk dibaca. Etika penting ketika
berpartisipasi dalam suatu diskusi/percakapan newsgroup. Ada hal-hal tertentu
yang perlu dilakukan ketika pertama kali bergabung dalam suatu diskusi
newsgroup :
o
Membaca FAQs untuk newsgroup itu.
o
Membaca diskusi sebelum ikut serta memberi
komentar.
o
Sopan.
o
Jangan menggunakan bahasa yang kuat dan
menghasut, itu akan menjadi implikasi yang legal.
o
Jangan menawarkan informasi pribadi (informasi
yang menyangkut diri sendiri).
o
Jangan mempromosikan material copyrighted kepada
newsgroups, dan berhati – hatilah dalam mendownload material copyrighted.
6.4.1.3 LISTSERV
Serupa
dengan newsgroup, LISTSERV adalah sejenis forum umum yang memungkinkan diskusi
berlangsung di antara kelompok - kelompok. Perbedaannya dengan newsgroup
adalah, untuk berkomunikasi LISTSERV tidak menggunakan papan bulletin melainkan
email mailling list. Jika para pemakai menemukan sebuah topik LISTSERV yang
mereka suka, mereka boleh mendaftar. Setelah itu, melalui email, mereka akan
menerima pesan - pesan yang dikirim oleh berbagai orang mengenai topik itu.
Jika para pemakai mengirim pesan kepada LISTSERV, pesan itu akan dikirim ke
semua orang lain di LISTSERV itu.
6.4.1.4 Chatting
Chatting
memungkinkan dua orang atau lebih secara serempak terhubung ke internet untuk
melakukan percakapan interaktif, dan melakukan percakapan tertulis. Internet
Relay Chatting (IRC) adalah program chat yang umum untuk internet di mana
kelompok chat dibagi ke dalam beberapa channel dan setiap channel memiliki topik
pembicaraan sendiri.
6.4.1.5 Instant Messaging
Instant
Messaging adalah komunikasi yang real-time (real-time communication), online
antara dua atau lebih orang yang terhubung dengan internet tersebut. Para pemakai
dapat mengirimkan pesan teks ke para pemakai lain yang log on.
6.4.1.6 Telnet
Telnet
memungkinkan para pemakai untuk berada pada satu komputer pada saat melakukan
pekerjaan yang lain. Telnet adalah protocol yang membangun error-free link
antara 2 komputer. Para pemakai dapat log on ke komputer kantor mereka ketika
sedang berpergian atau ketika sedang berada di rumah.
6.4.1.7 Internet Telephony
Perusahaan
Internet menyediakan produk yang melebihi aplikasi Public Switched Telephone
Network (PSTN) tradisional. Internet Telephony (juga disebut Voice Over IP atau
VoIP) memungkinkan pengguna berbicara melalui internet ke komputer lain dengan
harga biaya untuk koneksi internet.
6.4.1.8 Internet Fax
Kegunaan
dari Internet Fax adalah aplikasi yang dapat mengirimkan sinyal komunikasi
analog tradisional dari telepon perusahaan ke packed-switched internet. Faxing
adalah salah satu bentuk komunikasi teratas di dalam dunia bisnis. Banyak dari
para pemakai ini merasa tidak senang dengan kesulitan faxing. Faxes tidak aman.
Pada penerimaan terakhir, hasilnya akan terlihat di mesin fax atau di desktop yang
dapat dilihat oleh semua orang. Layanan Internet Fax menanggulangi banyak
kekurangan ini. Layanan fax dari suatu penyedia jasa internet menghubungkan
desktop komputer dan mesin fax standar ke suatu server yang terletak di dalam
jaringan ISP’S
6.4.1.9 Streaming Audio dan Video
Streaming
memungkinkan para pemakai internet untuk melihat dan mendengar data yang
dikirim host server, sehingga tidak perlu menunggu sampai keseluruhan file didownload.
Streaming audio dapat menyiarkan program siaran radio, musik, konferensi pers,
pidato, dan program berita yang lain melalui internet.
6.4.1.10 Real-time Audio dan Video
Pada
Real-time audio dan real-time video, transmisi dari sumber dikirim langsung atau
juga dapat tertunda sebentar. Aplikasi-aplikasinya mencakup poin-poin pembicaraan
di antara dua orang.
6.4.2 Layanan Perolehan Informasi
(Information Retrieval Services)
Perolehan
informasi memungkinkan pengguna untuk mengakses melalui ribuan katalog
perpustakaan yang online dari internet, sebagaimana ribuan basis data yang telah
dibuka untuk umum oleh perusahaan, pemerintah dan agen pemerintah, serta nonprofit
organizations. Pelayanan ini merupakan program gratis yang disediakan untuk
para pengguna internet.
6.4.2.1 File Transfer Protocol (FTP)
FTP
memungkinkan pengguna untuk mengakses komputer dari jauh dan memperoleh file
dari komputer tersebut. Adapun tool-tool yang digunakan untuk hal ini
diantaranya adalah :
- Archie
Archie
adalah peralatan yang memungkinkan pengguna untuk mencari file-file dari FTP.
Jika pengguna mengklik daftar dari archie server, maka mereka akan dibawa ke
sistem komputer yang lain di mana file yang dicari tersimpan. Selanjutnya
archie server memungkinkan pengguna untuk melanjutkan pencarian terhadap file
sampai pengguna menemukan yang mereka butuhkan.
- Gophers
Gophers
adalah peralatan klien komputer (computer client) yang memungkinkan pengguna
untuk menemukan informasi yang tersimpan pada internet gopher server melalui
seri menu yang hierarki. Veronica (Very Easy Rodent Oriental Netwide Index to
Computer Archifes) Veronica menyediakan kemampuan untuk mencari teks yang
tersembunyi pada menu gopher.
- WAIS (Wide Area Information Server)
WAIS
juga memungkinkan pengguna mencari file-file di dalam internet.
6.4.2.2 Web Services (layanan Web)
Web
services memungkinkan kita untuk mengakses software dari berbagai site di web.
Kelebihan layanan web ini adalah kemampuan untuk mengirim aplikasi kepada pengguna
dengan harga yang lebih murah.
6.5 World Wide Web
World
Wide Web berbeda dengan internet. Fungsi internet adalah sebagai alat transport
dan world wide web adalah aplikasi yang menggunakan fungsi transport tersebut. Web
adalah sistem yang mempunyai standar universal dalam menyimpan, mencari kembali,
menformat, dan menampilkan kembali informasi melalui arsitektur client server. Bahasa
standar yang digunakan web adalah HTML (Hypertext Markup Language) yang
memformat dokumen dan menggabungkan hyperteks yang dinamik (dynamic hypertext)
kepada dokumen lain yang tersimpan pada komputer yang sama atau
berbeda. Informasi
yang ditawarkan melalui web memerlukan pembentukan home page berupa teks dan
grafik (graphical screen display) yang biasanya mengucapkan selamat datang
kepada user dan memberikan penjelasan tentang organisasi yang membentuk
homepage. Semua halaman (page) tentang perusahaan atau individu dikenal sebagai
web site. Orang yang menguasai sebuah website organisasi disebut web master.
6.5.1 Browser
Browser
merupakan aplikasi software yang digunakan untuk mengakses web. Browser dapat
berkomunikas melalui HTTP, pengaturan HTML, dan penampilan tipe-tipe data
tertentu seperti GIF (Graphics Interchange Format) dan JPEG (Joint Photographic
Experts Group) dan WAV untuk suara. Pada awalnya Web hanya berupa teks, namun
pada tahun 1992, peneliti di Nasional
Center for Super Computing
Application di Universitas Illioness mengembangkan Mosaic. Mosaic merupakan
browser web untuk grafik yang pertama kali. Browser Mosaic menyediakan sebuah
graphical front end yang memungkinkan user untuk menunjuk dan mengklik tujuan
mereka melalui web, sebuah proses yang disebut surfing . Web browser menyajikan
interface yang sama untuk semua sistem operasi seperti Windows, Windows NT,
OS/2, MacOS, atau UNIX.
Dengan
akses dokumen yang dibuat dengan HTML, sejumlah orang tidak hanya dapat
mengakses informasi tetapi juga dapat mempublikasikan informasi yang mereka
miliki. Pengguna juga dapat melakukan akses yang interaktif dan langsung, tanpa
harus menggunakan perintah sistem (system command). Pengguna dapat menggunakan
HTML untuk membuat halaman web mereka, dan selanjutnya berkomunikasi dengan
semua pengguna web di seluruh belahan dunia.
Browser
yang saat ini banyak digunakan adalah Internet Explorer dari Microsoft dan Netscape
Navigator. Persaingan diantara kedua browser ini memberikan keuntungan yang
sangat berarti kepada pengguna dengan menyediakan aplikasi-aplikasi yang berkualitas
tinggi.
6.5.1.1 Netscape Browser Suite
Netscape’s
browser suite termasuk di dalamnya Netscape Navigator, Netscape Mail, Netscape
Instant Messanger, Netscape Composer, dan Netscape Address Book.
6.5.1.2 Microsoft Internet Explorer
Untuk
menghadapi perkembangan Netscape, Microsoft menaikkan strateginya untuk memenangkan
pasar. Untuk itu Internet Explorer diberikan gratis sepaket dengan sistem
operasi Windows.
6.5.2 Offline Browser
Offline
browser memungkinkan user secara otomatis memanggil kembali (retrieve) halaman
– halaman di Web site. Web Whacker dan Web Ex membiarkan user untuk menentukan
berapa banyak dari sebuah Web site yang perlu di panggil (apakah hanya
judulnya, halaman – halaman yang berhubungan saja, atau semua halaman).
6.5.3 Mesin Pencari (Search Engine)
Sesudah
e-mail, search adalah fungsi web yang paling popular. Hampir 80% dari pengguna
menggunakan search engine. Search engine adalah program yang mencari sejumlah
website atau halaman yang sesuai dengan kriteria yang dipilih. Search Engine
memilih halaman (pages) dalam dua cara utama :
- Web crawlers
Mencari
web secara otomatis, mengumpulkan indek data pada satu dari dua dasar pencarian
: depth first, yang hanya mengikuti link - link yang relevan dengan judul, atau
breadth first, yang mengumpulkan keseluruhan jaringan dari link dari suatu poin
awal (starting point) kandungan halaman yang diberikan. Web crawlers disebut
juga dengan spiders, ants, robots, bots, dan agents.
- Registration (Registrasi)
Web developer dapat mendaftarkan situs mereka dengan mengisi
atau mengirim sebuah form. Proses ini memungkinkan developer untuk memastikan
bahwa situs mereka termasuk dalam indeks pencarian. Ketika seorang user
memasuki search engine query, mesin mencari di databasenya halaman (Web pages)
yang sesuai. Mesin itu akan menampilkan sejumlah halaman yang sudah disortir.
Hasil pencarian dikembalikan sebagai sebuah daftar halaman - halaman yang
relevan yang kemudian bisa dipanggil kembali melalui hyperlinks.
Google adalah search engine yang paling besar dan search
engine pertama yang mencari di lebih dari sejuta halaman. Cara google mencari
web disebut PageRank. Semakin banyak link yang ada pada suatu halaman, semakin
tinggi ranking googlenya. Meta search engine secara otomatis memasuki query
pencari ke dalam sejumlah mesin pencari lainnya dan kemudian mengembalikan
hasil. Contoh meta search engine : ALL-4one, Metacrawler dan Starting Point.
6.5.4 Push Technology
Dengan
sejumlah informasi yang tersedia pada pertumbuhan internet, mekanisme baru
untuk mengantarkannya kepada konsumen juga telah dikembangkan. Untuk itu,
sebuah alternatif push model untuk pengantaran informasi telah dimunculkan. Dengan
model ini, informasi didorong (pushed) ke desktop user. Push Technology adalah
teknologi yang secara otomatis menyediakan informasi pada user atau pengguna
melalui suatu proses yang berjalan pada computer user atau pada software
jaringan. Dengan tersedianya ribuan website untuk broswing, satu – satunya cara
untuk menjamin bahwa user menerima kandungan tertentu dari suatu website adalah
dengan mengirimkannya kepada pengguna. Salah satu produk push model yang paling
awal adalah PoinCash. Push
technology
berguna di tempat bekerja, pasar konsumen, dan pada sebuah mekanisme untuk
pendistribusian software.
6.5.5 Penyaring Informasi (Information Filters)
Penyaring
Informasi adalah metode otomatis untuk mengurutkan (sorting) informasi yang
berkaitan dari informasi yang tidak berkaitan. Filter ini membantu orang untuk mengakses
informasi yang lebih tepat, juga membantu orang mengurangi informasi
yang berlebihan.
6.5.6 Personalized Web Service
Personalized
Web Service menawarkan kemampuan untuk menghasilkan kandungan Web yang
dirancang untuk pengunjung web site individu (individual Web site visitors).
Informasi mengenai user didapatkan dari aktivitas selama pengunjungan website
atau pengunjungan website sebelumnya, jenis browser atau browser setting.
6.5.7 Collaborative Filtering
Collaborative
Filtering adalah sebuah bentuk personalization service yang disediakan oleh
Firefly Network (dibeli oleh Microsoft). Setelah mendaftar di Firefly, user
dapat mendownload film dan berbagai jenis musik.
6.5.8 Web Authoring
Website
telah menjadi media kreatif yang penting dengan tambahan manfaat pada
multimedia dan
database yang dinamis. Tools untuk web authoring –untuk mendesign pages dan
situs mulai dari ASCII Text Editors sampai dengan fitur – fitur lengkap.
6.6 Tantangan-tantangan Internet
Ada beberapa tantangan
yang harus dihadapi internet dalam menyediakan prasaranauntuk proyek yang
berskala besar :
6.6.1 Teknologi-Teknologi Baru
Kebanyakan
produsen akan menggunakan teknologi baru jauh lebih cepat dari pada user dan
konsumen. Jika user memanfaatkan produk baru dan inovasi – inovasi baru
yang ditawarkan
oleh internet, user harus memiliki teknologi yang sama, atau dengan kata lain
user harus memiliki versi terbaru dari Navigator dan Explorer.
6.6.2 Peraturan Internet
Organisasi
teknikal telah memainkan peran penting dalam perkembangan internet
dan web. Mereka
menentukan ukuran standar yang mengatur kegunaan internet. Produsen hardware
dan software juga telah terang-terangan mengajukan spesifikasi dalam
pertimbangan bentuk standar (standard bodies) dan dalam menciptakan standar de
facto bagi mereka.
6.6.3 Ekspansi Internet
Internet
tidak dirancang untuk menyediakan pertukaran inormasi dengan kapastias
besar. Sebagai
hasilnya, pertumbuhan internet yang besar telah meyebabkan di antaranya waktu
pengambilan yang lamban, transmisi data yang tidak handal, dan penolakan
layanan oleh server yang berkelebihan muatan.Internet sering dipengaruhi oleh
masalah software. Ada beberapa faktor yang menyebabkan internet menjadi lamban.
Termasuk di dalamnya jaringan yang tak teratur, server yang kelebihan muatan,
perubahan pola guna internet yang sering terjadi, dan terlalu banyak traffic
untuk bandwidth. Pendekatan untuk memecahkan permasalahan – permasalahan ini di
antaranya adalah memasang (install) media transmisi kecepatan tinggi untuk
menampung data dalam jumlah yang sangat besar, router yang lebih cepat, dan
manajemen software untuk mengatasi traffic periods, local caching dari web page
yang sering diakses untuk meningkatkan respons time, dan lain sebagainya.
6.6.4 Internet Privacy
Web
sites mengumpulkan informasi dengan dan tanpa sepengetahuan pelanggan. Untuk
mendapatkan informasi dari web sites, kita harus mendaftar terlebih dahulu. Data
biasanya dikumpulkan oleh Cookies. Cookies adalah file data kecil yang ditempatkan
pada hard drivers pemakai ketika mereka mengunjungi site pertama kali. Software
ini dapat digunakan untuk menukar informasi secara otomatis.
Ada 3 hukum yang
diajukan yang berhubungan dengan kebebasan internet :
- Pemerintah seharusnya membiarkan kelompok – kelompok untuk mengembangkan standar privacy, tetapi tidak mengambil tindakan sebelum terjadi masalah yang serius.
- Pemerintah seharusnya memberikan saran mengenai tingkat (ukuran) standar privacy untuk internet.
- Pemerintah seharusnya membuat hukum tentang bagaimana informasi dikumpulkan dan digunakan di internet.
6.7 Intranet
Intranet
adalah jaringan private yang menggunakan internet software dan protokol
TCP/IP, dan
dapat juga sistem telekomunikasi umum untuk secara aman berbagi informasi dalam
suatu organisasi. Intranet dapat juga diartikan private internet atau kumpulan
private segment dari jaringan internet umum, yang disediakan hanya untuk
orang-orang tertentu yang diberi hak untuk menggunakannya.
6.7.1 Keamanan
Keamanan
intranet sangatlah penting, karena adanya aplikasi yang tidak boleh diketahui
oleh orang lain selain orang – orang yang terkait. Untuk mengatasi adanya hal
yang tak diinginkan, maka dapat menggunakan beberapa cara seperti dijelaskan
berikut ini:
6.7.1.1 Public Key Security
Digunakan
unuk menghalangi akses yang tidak berhak memasuki private intranet.
Public Key
Security terdiri atas dua bagian :
- Encryption
Encryption
membuat data menjadi tidak dapat dibaca, kecuali oleh orang yang berhak yaitu
yang memiliki key dari data yang dienkripsi tersebut.
- Digital Certificates
Digital
Certificates seperti kartu identifikasi elektronik yang menyatakan bahwa orang yang melakukan akses ke intranet adalah
orang yang berhak.
6.7.1.2 Firewall
Sebuah alat yang ditempatkan antara
jaringan internal dan jaringan eksternal. Alat ini mengatur akses masuk dan
keluar dari jaringan sebuah perusahaan. Firewall juga dapat diartikan sebagai
perangkat lunak dan atau perangkat keras yang berfungsi di dalam suatu jaringan
untuk mencegah komunikasi terlarang. Firewall juga dikenal dengan sebutan
Border Protection Device (BPD).
Firewall terdiri
atas dua jenis :
- Personal Firewal
Personal Firewall merupakan aplikasi
perangkat lunak yang berfungsi menyaring data
pada jalur keluar masuk pada satu komputer.
- Network Firewall
Network Firewall merupakan firewall
yang berjalan pada suatu jaringan tertentu, yang
berfungsi menyaring data pada jalur keluar masuk pada suatu jaringan.
6.7.1.3 Assured Pipeline
Untuk tingkat keamanan yang tinggi,
suatu perusahaan dapat menggunakan Assured Pipeline. Assured Pipeline bertujuan
untuk memeriksa permintaan akan data kemudian menentukan apakah permintaaan itu
valid atau tidak.
6.7.2 Keuntungan Intranet
Intranet memiliki
keuntungan-keuntungan, diantaranya sebagai berikut :
- Meningkatkan produktivitas tenaga kerja
- Intranet dapat membantu pegawai suatu organisasi untuk mencari dan menampilkan informasi ataupun aplikasi yang berhubungan dengan pekerjaan maupun tanggung jawabnya di organisasi tersebut. Hanya dengan menggunakan Web Browser, pegawai dapat menemukan data pada basis data apapun yang disediakan organisasi, sehingga dapat melakukan pekerjaan lebih cepat.
- Waktu
Dengan
intranet, perusahaan dapat menyediakan infromasi dengan basis “pull” yang
berarti perusahaan dapat menyajikan informasi pada waktu yang tepat yaitu
ketika dibutuhkan.
- Komunikasi
Intranet
dapat bertindak sebagai tools yang sangat powerful untuk melakukan komunikasi
di dalam organisasi baik secara vetikal maupun horizontal.
6.8 Ekstranet
Ekstranet
adalah sebuah tipe dari sistem informasi interorganisasi yang memungkinkan
orang-orang dari luar perusahaan untuk bekerja bersama dengan pekerja yang
berada di dalam perusahaan. Secara umum diartikan sebagai sebuah jaringan yang
menghubungkan antara mitra-mitra bisnis melalui internet atau dapat diartikan
sebagai jaringan yang menghubungkan jaringan – jaringan intranet antara perusahaan
– perusahaan yang bekerjasama. Tujuan utama dari extranet adalah untuk
menggalang terjadinya kolaborasi antara mitra-mitra bisnis. Extranet dibuka untuk
penyuplai, pelanggan, dan mitra bisnis lainnya, dan ditutup untuk masyarakat umum.
Gambar Jaringan
Ekstranet
6.8.1 Komponen dan Struktur dari Ekstranet
Ekstranet
mempunyai dasar infrastruktur yang sama dengan Internet, seperti TCP/IP Protocols,
server, e-mail dan browser Web. Tetapi Ekstranet menggunakan Virtual Private
Network (VPN), untuk membuat komunikasi melalui internet lebih aman. Ekstranet
menawarkan kemampuan internet dan intranet, sehingga dengan menggunakan
ekstranet, mitra bisnis luar dan pekerja dapat memasuki intranet perusahaan
melalui internet untuk mengakses data, menulis pesanan, mengecek status, dan
mengirim e-mail, yang tentu saja lebih murah daripada jaringan biasa. Berikut
ini daftar keuntungan-keuntungan dari ekstranet dan bagaimana keuntungan
tersebut dicapai
:
Keuntungan
Bagaimana Keuntungan Dicapai
- Memerlukan lebih sedikit pekerja helpdesk
- Ekstranet mengotomatisasi inquiry system; pelanggan hanya menghubungi basis data untuk mencari informasi.
- Meningkatnya kualitas Komunikasi komputer ke komputer
mengurangi erorr
pada masukan data
(data entry).
- Lebih sedikitnya biaya komunikasi dan transportasi
- Dibandingkan menggunakan VAN, menggunakan internet dapat menghemat 50% atau lebih pada biaya komunikasi dan dapat mengurangi biaya transportasi dan pertemuan. Biaya administratif dan lainnya yang lebih rendah Otomatisasi dari order entry dan proses rutin lainnya menghemat waktu dan mengurangi biaya
- Proses dan arus informasi yang lebih cepat
- Dengan menggunakan ekstranet, informasi dapat mengalir pada supply chain dengan lebih cepat, bahkan ketika beberapa supplier diikutsertakan secara bersamaan.
- Pengurangan pekerjaan yang Penerbitan secara elektronik untuk menggunakan kertas dan pengiriman barang yang tepat waktu pelanggan dan mitra bisnis mengurangi kertas dan menjamin bahwa informasi itu terbaru.
- Order entry dan layanan pelanggan lebih meningkat Banyak perusahaan menggunakan ekstranet untuk menyederhanakan dan meningkatkan order entry dan juga layanan pelanggan dan relasi dengan klien.
- Komunikasi yang lebih baik Informasi pengiriman yang pada saat itu juga, dan aktifitas yang dikolaborasikan, meningkatkan komunikasi antara mitra bisnis dan atau pelanggan.
- Peningkatan secara keseluruhan pada efektivitas bisnis
Penggunaan
ekstranet mengembangkan peluang bisnis, dan mempromosikan penjualan dan pemasaran.
Tabel
Keuntungan Ekstranet
6.8.2 Tipe-tipe dari Ekstranet
Tipe-tipe
utama dari ekstranet adalah (berdasarkan rekan bisnis yang terlibat dan tujuannya):
Perusahaan dan
dealernya, pelanggannya, dan suppliernya. Ekstranet seperti
ini dipusatkan
pada satu perusahaan.
Sebuah ekstranet
industri. Beberapa industri bergabung membuat ekstranet
yang berguna
untuk mereka.
Joint Venture
dan kemitraan bisnis lainnya. Beberapa mitra bisnis bergabung
untuk membentuk
ekstranet yang digunakan sebagai alat untuk berkolaborasi
dan
berkomunikasi
6.9 Portal Informasi Perusahaan (Enterprise
Information Portals)
Enterprise Information Portals
(EIPs) adalah aplikasi berbasis internet yang memungkinkan perusahaan untuk
mengakses informasi yang tersimpan di dalam maupun di luar perusahaan, dan
menyajikan penggunanya sebuah akses tunggal terhadap informasi yang dibutuhkan
untuk membuat keputusan bisnis.
6.10 Mobile Internet
Mobile Internet merupakan penggunaan
teknologi komunikasi tanpa kabel untuk mengakses informasi berbasis jaringan
dan aplikasi dari mobile devices. Mobile Internet juga disebut Wireless Web. Mobile
Internet mempunyai beberapa aplikasi yang menarik, di antaranya dapat mengakses
internet dari mana saja, kapan saja.
makasih banyak :)--
BalasHapus