[] [ ]readmore

Senin, 16 Januari 2012

Internet, Intranet dan Ekstranet


6.1 Pengertian Internet
Internet yang merupakan jaringan komputer terbesar didunia, sebenarnya adalah sebuah jaringan dalam jaringan-jaringan. Internet adalah koleksi lebih dari 200.000 jaringan komputer individual yang dimiliki oleh pemerintah-pemerintah, universitasuniversitas, nonprofit groups, dan perusahaan-perusahaan. Jaringan – jaringan ini terhubung dengan kecepatan yang tinggi dan jarak yang jauh. Demikianlah, internet membentuk jaringan elektronik yang besar di antara bisnis, konsumen, agen pemerintah, sekolahan, dan organisasi lain di dunia, serta membuka kemungkinan - kemungkinan baru yang menantang cara tradisional dalam berinteraksi, berkomunikasi, dan menjalankan bisnis. Pada saat yang bersamaan , internet juga mengangkat masalah/isu-isu baru yang berhubungan dengan budaya dan hukum. Internet adalah sebuah dimensi komunikasi baru, yaitu sebuah elektronik di dalam dunia maya yang menyebabkan waktu dan tempat tidak lagi mempunyai arti.

6.2 Evolusi Dari Internet
Internet bermula sebagai satu jaringan, disebut ARPANET. Jaringan ini pada tahun 1969 merupakan hasil eksperimen dari pemerintah US dalam packet-switched networking. Pada awal tahun 1980, ARPANET terbagi dalam 2 jaringan, yaitu ARPANET dan Milnet (jaringan militer yang tidak terklasifikasi).
Pada awal tahunnya, akses ke ARPANET dibatasi untuk militer, kontraktor pertahanan (defense contractors), dan universitas yang melakukan penelitian. Cooperative, decentralized network seperti UUCP, jaringan komunikasi UNIX, dan USENET (User’s Network) disahkan pada tahun 1970, pada awalnya melayani komunikasi akademik dan kemudian berkembang pada pelayanan organisasi – organisasi yang komersial. Pada awal tahun 1980, jaringan – jaringan seperti Computer Science Network (CSNET) dan BITNET, mulai menyediakan jaringan yang tersebar secara nasional untuk bagian akademik dan komunitas – komunitas penelitian. Jaringan ini bukanlah bagian dari internet, melainkan special connections yang dibuat untuk memungkinkan pergantian informasi di antara dua jaringan tersebut.

6.2.1 Internet pada Saat ini
Pertambahan jumlah komputer dan jaringan – jaringan yang terhubung dengan internet berkembang cepat. Tahun 1998, kurang dari 2% orang dewasa di seluruh dunia telah mengakses internet. Dari hasil analisa, diperkirakan pada tahun 2001, 500 juta orang di seluruh dunia adalah pengguna internet. Internet ialah internasional, dengan pemakai yang tersebar di seluruh benua, termasuk Antartika. Pendapatan masyarakat membatasi jumlah pengguna internet di negara – negara berkembang, karena harga komputer (PC) serta internet connections sangat tinggi (mahal) bagi sebagian besar masyarakat.

6.2.2 Infrastuktur dari Internet
Infrastruktur internet disediakan oleh penyedia layanan jaringan (network service
providers) seperti UUNET, an MCI WorldCom company, GTO Internetworking, Sprint, dll. Perusahaan yang memberikan layanan internet disebut dengan Internet Service Providers (ISPs).

6.3 Penggunaan Internet
Beberapa aturan yang biasa digunakan untuk mengirim dan menerima paket dari mesin ke mesin lain melalui internet dikenal sebagai Internet Protocol (IP). Protokolprotokol lain yang digunakan dalam koneksi IP, yang paling dikenal adalah Transmission Control Protocol (TCP) , beroperasi pada model transport layer of the ISO-OSI.IP dan TCP Protokol biasanya digunakan secara bersamaan. Internet memecah (breaks) setiap pesan ke dalam paket – paket. Setiap paket mengandung alamat mesin pengirim dan penerima.

6.3.1 Alamat di Internet
Setiap komputer di internet mempunyai alamat yang ditentukan, disebut IP Address yang merupakan identifikasi unik yang membedakan komputer tersebut dari komputer lain. Nomor IP ini mempunyai empat bagian yang dipisahkan oleh titik(dot). Contohnya nomor IP 202.155.89.51
Kebanyakan komputer juga mempunyai nama, agar lebih mudah bagi orang-orang
untuk mengingat dari pada harus mengingat IP address. Nama-nama ini berasal dari sistem penamaan domain, disebut Domain Name System (DNS). Domain Name System terdiri dari beberapa bagian, dipisahkan oleh titik(dot) dan diartikan dari kanan ke kiri. Contohnya software.ibm.com
Dua huruf yang paling kanan dalam sebuah nama domain, jika ada, mewakili Negaradari situs web itu. Sebagai contoh, “us” adalah singkatan untuk amerika serikat, “de” untuk jerman, “it” untuk Italia, “ru” untuk rusia. Di Amerika Serikat, “us”-nya dihilangkan.

6.3.2 Akses Internet
Pengguna Internet dapat melakukan akes terhadap internet dengan berbagai macam cara. Berikut diuraikan beberapa cara untuk melakukan akses terhadap internet :
  1. Dial-up
Dial-up merupakan metode akses internet yang menggunakan modem terhubung ke internet dan saluran telepon sebagai media untuk menghubungi penyedia layanan internet atau yang dikenal dengan sebutan Internet Service Provider (ISP). Hal ini dimaksudkan untuk membangun jaringan antar modem (modem-to-modem link) yang kemudian diteruskan ke internet dengan menggunakan router.
  1. Landline Broadband
Akses internet dengan metode broadband merupakan akses internet dengan laju transmisi data yang tinggi. Teknologi yang biasa digunakan untuk hal ini adalah Digital Subscriber Line (DSL) dan kabel modem. Teknologi mampu melakukan transmisi data 256Kb per detik atau lebih, dengan kecepatan 4 kali lebih cepat dari modem yang menggunakan saluran telepon standar.
o   DSL
Digital Subcriber Line merupakan teknologi penyedia tranmisi data digital melalui kabel dari jaringan telepon lokal.
o   Cable Modem
Kabel modem merupakan modem jenis khusus, yang dirancang untuk memodulasi sinyal data melalui infrastruktur televisi kabel (cable television infrastructure). Teknologi ini megambil keuntungan dari bandwidth yang tidak digunakan, pada jaringan televisi kabel. Berikut salah satu contoh cable modem yang digunakan untuk broadband internet access :
Gambar Contoh Cable Modem untuk Broadband Internet Acces
  1. Wi-Fi
Teknologi Wi-Fi dikembangkan berdasarkan teknologi WLAN(Wireles Local Area Network) yaitu jaringan lokal dengan menggunakan gelombang radio. Teknologi Wi-Fi pada awalnya dimaksudkan untuk peralatan mobile, seperti Laptop, penggunaan pada jaringan, namun pada saat ini banyak digunakan untuk akses internet. Pengguna peralatan Wi-Fi seperti komputer, telepon, Peronal Digital Assistant (PDA) dapat terhubung ke internet ketika berada di sekitar acces point. Acces Point adalah peralatan yang menghubungkan peralatan-peralatan komunikasi wireless untuk membentuk suatu jaringan wireless. Beberapa access point meliputi suatu daerah atau wilayah yang disebut dengan hotspot. Teknologi Wi-Fi juga dapat digunakan untuk membangun koneksi peer-topeer, yaitu koneksi antara suatu peralatan langsung dengan peralatan lainnya.
  1. Satellite
Koneksi internet dengan menggunakan satelit digunakan pada lokasi yang akses terhadap internet tidak tersedia.
  1. Cell Phones
Cell Phone yang juga dikenal dengan sebutan mobile phone merupakan peralatan     telekomunikasi elektronik. Pada saat ini telah banyak cell phone yang dilengkapi dengan fasilitas untuk akses internet.

6.4 Layanan yang Disediakan oleh Internet
Internet menyediakan empat tipe layanan : Komunikasi, Pencarian Kembali Informasi (information retrieval), Layanan Web, dan World Wide Web. Layanan komunikasi termasuk di dalamnya mail eletronik, USENET newsgroup, LISTERVs, Chatting, Telnet, Internet telephony, dan Internet fax. Layanan pencarian kembali informasi termasuk di dalamnya gophers, Arche WAIS, File Transfer Protocol (FTP) dan Veronica. Layanan Web menyediakan aplikasi software melalui internet.

6.4.1 Layanan Komunikasi
Layanan komunikasi yang ada di internet adalah revolusi antara komunikasi personal dan bisnis. Berbagai macam jenis data dapat diakses melalui internet. Di samping itu beberapa layanan komunikasi memungkinkan komunikasi yang interaktif antarindividu dan kelompok di seluruh dunia.

6.4.1.1 Surat Elektronik (e-mail)
Internet adalah sistem email yang paling penting di dunia, karena menghubungkan banyak manusia dan organisasi. Surat elektronik adalah aplikasi yang memungkinkan pesan elektronik untuk dikirim antara individu melalui kabel telepon atau melalui jaringan tanpa kabel.

6.4.1.2 USENET Newsgroup (Forums)
USENET adalah suatu protokol yang menggambarkan bagaimana sekelompok pesan dapat disimpan dan dikirim antar komputer. Para pemakai dapat log on ke server untuk membaca pesan atau mempunyai komputer yang secara otomatis mendownload pesan untuk dibaca. USENET menyediakan suatu forum untuk para pemakai yang tertarik pada internet itu. Forum ini dibagi menjadi beberapa newsgroups. Usenet newsgroups adalah kelompok diskusi internasional di mana orang berbagi gagasan dan informasi di dalam topik tertentu.
Diskusi di dalam newsgroups berlangsung pada papan buletin elektronik, di mana seseorang dapat mempostkan pesan bagi yang lain untuk dibaca. Etika penting ketika berpartisipasi dalam suatu diskusi/percakapan newsgroup. Ada hal-hal tertentu yang perlu dilakukan ketika pertama kali bergabung dalam suatu diskusi newsgroup :
o   Membaca FAQs untuk newsgroup itu.
o   Membaca diskusi sebelum ikut serta memberi komentar.
o   Sopan.
o   Jangan menggunakan bahasa yang kuat dan menghasut, itu akan menjadi implikasi yang legal.
o   Jangan menawarkan informasi pribadi (informasi yang menyangkut diri sendiri).
o   Jangan mempromosikan material copyrighted kepada newsgroups, dan berhati – hatilah dalam mendownload material copyrighted.

6.4.1.3 LISTSERV
Serupa dengan newsgroup, LISTSERV adalah sejenis forum umum yang memungkinkan diskusi berlangsung di antara kelompok - kelompok. Perbedaannya dengan newsgroup adalah, untuk berkomunikasi LISTSERV tidak menggunakan papan bulletin melainkan email mailling list. Jika para pemakai menemukan sebuah topik LISTSERV yang mereka suka, mereka boleh mendaftar. Setelah itu, melalui email, mereka akan menerima pesan - pesan yang dikirim oleh berbagai orang mengenai topik itu. Jika para pemakai mengirim pesan kepada LISTSERV, pesan itu akan dikirim ke semua orang lain di LISTSERV itu.

6.4.1.4 Chatting
Chatting memungkinkan dua orang atau lebih secara serempak terhubung ke internet untuk melakukan percakapan interaktif, dan melakukan percakapan tertulis. Internet Relay Chatting (IRC) adalah program chat yang umum untuk internet di mana kelompok chat dibagi ke dalam beberapa channel dan setiap channel memiliki topik pembicaraan sendiri.

6.4.1.5 Instant Messaging
Instant Messaging adalah komunikasi yang real-time (real-time communication), online antara dua atau lebih orang yang terhubung dengan internet tersebut. Para pemakai dapat mengirimkan pesan teks ke para pemakai lain yang log on.

6.4.1.6 Telnet
Telnet memungkinkan para pemakai untuk berada pada satu komputer pada saat melakukan pekerjaan yang lain. Telnet adalah protocol yang membangun error-free link antara 2 komputer. Para pemakai dapat log on ke komputer kantor mereka ketika sedang berpergian atau ketika sedang berada di rumah.

6.4.1.7 Internet Telephony
Perusahaan Internet menyediakan produk yang melebihi aplikasi Public Switched Telephone Network (PSTN) tradisional. Internet Telephony (juga disebut Voice Over IP atau VoIP) memungkinkan pengguna berbicara melalui internet ke komputer lain dengan harga biaya untuk koneksi internet.

6.4.1.8 Internet Fax
Kegunaan dari Internet Fax adalah aplikasi yang dapat mengirimkan sinyal komunikasi analog tradisional dari telepon perusahaan ke packed-switched internet. Faxing adalah salah satu bentuk komunikasi teratas di dalam dunia bisnis. Banyak dari para pemakai ini merasa tidak senang dengan kesulitan faxing. Faxes tidak aman. Pada penerimaan terakhir, hasilnya akan terlihat di mesin fax atau di desktop yang dapat dilihat oleh semua orang. Layanan Internet Fax menanggulangi banyak kekurangan ini. Layanan fax dari suatu penyedia jasa internet menghubungkan desktop komputer dan mesin fax standar ke suatu server yang terletak di dalam jaringan ISP’S

6.4.1.9 Streaming Audio dan Video
Streaming memungkinkan para pemakai internet untuk melihat dan mendengar data yang dikirim host server, sehingga tidak perlu menunggu sampai keseluruhan file didownload. Streaming audio dapat menyiarkan program siaran radio, musik, konferensi pers, pidato, dan program berita yang lain melalui internet.

6.4.1.10 Real-time Audio dan Video
Pada Real-time audio dan real-time video, transmisi dari sumber dikirim langsung atau juga dapat tertunda sebentar. Aplikasi-aplikasinya mencakup poin-poin pembicaraan di antara dua orang.

6.4.2 Layanan Perolehan Informasi (Information Retrieval Services)
Perolehan informasi memungkinkan pengguna untuk mengakses melalui ribuan katalog perpustakaan yang online dari internet, sebagaimana ribuan basis data yang telah dibuka untuk umum oleh perusahaan, pemerintah dan agen pemerintah, serta nonprofit organizations. Pelayanan ini merupakan program gratis yang disediakan untuk para pengguna internet.

6.4.2.1 File Transfer Protocol (FTP)
FTP memungkinkan pengguna untuk mengakses komputer dari jauh dan memperoleh file dari komputer tersebut. Adapun tool-tool yang digunakan untuk hal ini diantaranya adalah :
  • Archie
Archie adalah peralatan yang memungkinkan pengguna untuk mencari file-file dari FTP. Jika pengguna mengklik daftar dari archie server, maka mereka akan dibawa ke sistem komputer yang lain di mana file yang dicari tersimpan. Selanjutnya archie server memungkinkan pengguna untuk melanjutkan pencarian terhadap file sampai pengguna menemukan yang mereka butuhkan.
  • Gophers
Gophers adalah peralatan klien komputer (computer client) yang memungkinkan pengguna untuk menemukan informasi yang tersimpan pada internet gopher server melalui seri menu yang hierarki. Veronica (Very Easy Rodent Oriental Netwide Index to Computer Archifes) Veronica menyediakan kemampuan untuk mencari teks yang tersembunyi pada menu gopher.
  • WAIS (Wide Area Information Server)
WAIS juga memungkinkan pengguna mencari file-file di dalam internet.

6.4.2.2 Web Services (layanan Web)
Web services memungkinkan kita untuk mengakses software dari berbagai site di web. Kelebihan layanan web ini adalah kemampuan untuk mengirim aplikasi kepada pengguna dengan harga yang lebih murah.

6.5 World Wide Web
World Wide Web berbeda dengan internet. Fungsi internet adalah sebagai alat transport dan world wide web adalah aplikasi yang menggunakan fungsi transport tersebut. Web adalah sistem yang mempunyai standar universal dalam menyimpan, mencari kembali, menformat, dan menampilkan kembali informasi melalui arsitektur client server. Bahasa standar yang digunakan web adalah HTML (Hypertext Markup Language) yang memformat dokumen dan menggabungkan hyperteks yang dinamik (dynamic hypertext) kepada dokumen lain yang tersimpan pada komputer yang sama atau
berbeda. Informasi yang ditawarkan melalui web memerlukan pembentukan home page berupa teks dan grafik (graphical screen display) yang biasanya mengucapkan selamat datang kepada user dan memberikan penjelasan tentang organisasi yang membentuk homepage. Semua halaman (page) tentang perusahaan atau individu dikenal sebagai web site. Orang yang menguasai sebuah website organisasi disebut web master.

6.5.1 Browser
Browser merupakan aplikasi software yang digunakan untuk mengakses web. Browser dapat berkomunikas melalui HTTP, pengaturan HTML, dan penampilan tipe-tipe data tertentu seperti GIF (Graphics Interchange Format) dan JPEG (Joint Photographic Experts Group) dan WAV untuk suara. Pada awalnya Web hanya berupa teks, namun pada tahun 1992, peneliti di Nasional Center for Super Computing Application di Universitas Illioness mengembangkan Mosaic. Mosaic merupakan browser web untuk grafik yang pertama kali. Browser Mosaic menyediakan sebuah graphical front end yang memungkinkan user untuk menunjuk dan mengklik tujuan mereka melalui web, sebuah proses yang disebut surfing . Web browser menyajikan interface yang sama untuk semua sistem operasi seperti Windows, Windows NT, OS/2, MacOS, atau UNIX.
Dengan akses dokumen yang dibuat dengan HTML, sejumlah orang tidak hanya dapat mengakses informasi tetapi juga dapat mempublikasikan informasi yang mereka miliki. Pengguna juga dapat melakukan akses yang interaktif dan langsung, tanpa harus menggunakan perintah sistem (system command). Pengguna dapat menggunakan HTML untuk membuat halaman web mereka, dan selanjutnya berkomunikasi dengan semua pengguna web di seluruh belahan dunia.
Browser yang saat ini banyak digunakan adalah Internet Explorer dari Microsoft dan Netscape Navigator. Persaingan diantara kedua browser ini memberikan keuntungan yang sangat berarti kepada pengguna dengan menyediakan aplikasi-aplikasi yang berkualitas tinggi.

6.5.1.1 Netscape Browser Suite
Netscape’s browser suite termasuk di dalamnya Netscape Navigator, Netscape Mail, Netscape Instant Messanger, Netscape Composer, dan Netscape Address Book.

6.5.1.2 Microsoft Internet Explorer
Untuk menghadapi perkembangan Netscape, Microsoft menaikkan strateginya untuk memenangkan pasar. Untuk itu Internet Explorer diberikan gratis sepaket dengan sistem operasi Windows.

6.5.2 Offline Browser
Offline browser memungkinkan user secara otomatis memanggil kembali (retrieve) halaman – halaman di Web site. Web Whacker dan Web Ex membiarkan user untuk menentukan berapa banyak dari sebuah Web site yang perlu di panggil (apakah hanya judulnya, halaman – halaman yang berhubungan saja, atau semua halaman).

6.5.3 Mesin Pencari (Search Engine)
Sesudah e-mail, search adalah fungsi web yang paling popular. Hampir 80% dari pengguna menggunakan search engine. Search engine adalah program yang mencari sejumlah website atau halaman yang sesuai dengan kriteria yang dipilih. Search Engine memilih halaman (pages) dalam dua cara utama :
  1. Web crawlers
Mencari web secara otomatis, mengumpulkan indek data pada satu dari dua dasar pencarian : depth first, yang hanya mengikuti link - link yang relevan dengan judul, atau breadth first, yang mengumpulkan keseluruhan jaringan dari link dari suatu poin awal (starting point) kandungan halaman yang diberikan. Web crawlers disebut juga dengan spiders, ants, robots, bots, dan agents.
  1. Registration (Registrasi)
Web developer dapat mendaftarkan situs mereka dengan mengisi atau mengirim sebuah form. Proses ini memungkinkan developer untuk memastikan bahwa situs mereka termasuk dalam indeks pencarian. Ketika seorang user memasuki search engine query, mesin mencari di databasenya halaman (Web pages) yang sesuai. Mesin itu akan menampilkan sejumlah halaman yang sudah disortir. Hasil pencarian dikembalikan sebagai sebuah daftar halaman - halaman yang relevan yang kemudian bisa dipanggil kembali melalui hyperlinks.
Google adalah search engine yang paling besar dan search engine pertama yang mencari di lebih dari sejuta halaman. Cara google mencari web disebut PageRank. Semakin banyak link yang ada pada suatu halaman, semakin tinggi ranking googlenya. Meta search engine secara otomatis memasuki query pencari ke dalam sejumlah mesin pencari lainnya dan kemudian mengembalikan hasil. Contoh meta search engine : ALL-4one, Metacrawler dan Starting Point.

6.5.4 Push Technology
Dengan sejumlah informasi yang tersedia pada pertumbuhan internet, mekanisme baru untuk mengantarkannya kepada konsumen juga telah dikembangkan. Untuk itu, sebuah alternatif push model untuk pengantaran informasi telah dimunculkan. Dengan model ini, informasi didorong (pushed) ke desktop user. Push Technology adalah teknologi yang secara otomatis menyediakan informasi pada user atau pengguna melalui suatu proses yang berjalan pada computer user atau pada software jaringan. Dengan tersedianya ribuan website untuk broswing, satu – satunya cara untuk menjamin bahwa user menerima kandungan tertentu dari suatu website adalah dengan mengirimkannya kepada pengguna. Salah satu produk push model yang paling awal adalah PoinCash. Push
technology berguna di tempat bekerja, pasar konsumen, dan pada sebuah mekanisme untuk pendistribusian software.

6.5.5 Penyaring Informasi (Information Filters)
Penyaring Informasi adalah metode otomatis untuk mengurutkan (sorting) informasi yang berkaitan dari informasi yang tidak berkaitan. Filter ini membantu orang untuk mengakses informasi yang lebih tepat, juga membantu orang mengurangi informasi
yang berlebihan.

6.5.6 Personalized Web Service
Personalized Web Service menawarkan kemampuan untuk menghasilkan kandungan Web yang dirancang untuk pengunjung web site individu (individual Web site visitors). Informasi mengenai user didapatkan dari aktivitas selama pengunjungan website atau pengunjungan website sebelumnya, jenis browser atau browser setting.

6.5.7 Collaborative Filtering
Collaborative Filtering adalah sebuah bentuk personalization service yang disediakan oleh Firefly Network (dibeli oleh Microsoft). Setelah mendaftar di Firefly, user dapat mendownload film dan berbagai jenis musik.

6.5.8 Web Authoring
Website telah menjadi media kreatif yang penting dengan tambahan manfaat pada
multimedia dan database yang dinamis. Tools untuk web authoring –untuk mendesign pages dan situs mulai dari ASCII Text Editors sampai dengan fitur – fitur lengkap.

6.6 Tantangan-tantangan Internet
Ada beberapa tantangan yang harus dihadapi internet dalam menyediakan prasaranauntuk proyek yang berskala besar :

6.6.1 Teknologi-Teknologi Baru
Kebanyakan produsen akan menggunakan teknologi baru jauh lebih cepat dari pada user dan konsumen. Jika user memanfaatkan produk baru dan inovasi – inovasi baru
yang ditawarkan oleh internet, user harus memiliki teknologi yang sama, atau dengan kata lain user harus memiliki versi terbaru dari Navigator dan Explorer.

6.6.2 Peraturan Internet
Organisasi teknikal telah memainkan peran penting dalam perkembangan internet
dan web. Mereka menentukan ukuran standar yang mengatur kegunaan internet. Produsen hardware dan software juga telah terang-terangan mengajukan spesifikasi dalam pertimbangan bentuk standar (standard bodies) dan dalam menciptakan standar de facto bagi mereka.

6.6.3 Ekspansi Internet
Internet tidak dirancang untuk menyediakan pertukaran inormasi dengan kapastias
besar. Sebagai hasilnya, pertumbuhan internet yang besar telah meyebabkan di antaranya waktu pengambilan yang lamban, transmisi data yang tidak handal, dan penolakan layanan oleh server yang berkelebihan muatan.Internet sering dipengaruhi oleh masalah software. Ada beberapa faktor yang menyebabkan internet menjadi lamban. Termasuk di dalamnya jaringan yang tak teratur, server yang kelebihan muatan, perubahan pola guna internet yang sering terjadi, dan terlalu banyak traffic untuk bandwidth. Pendekatan untuk memecahkan permasalahan – permasalahan ini di antaranya adalah memasang (install) media transmisi kecepatan tinggi untuk menampung data dalam jumlah yang sangat besar, router yang lebih cepat, dan manajemen software untuk mengatasi traffic periods, local caching dari web page yang sering diakses untuk meningkatkan respons time, dan lain sebagainya.

6.6.4 Internet Privacy
Web sites mengumpulkan informasi dengan dan tanpa sepengetahuan pelanggan. Untuk mendapatkan informasi dari web sites, kita harus mendaftar terlebih dahulu. Data biasanya dikumpulkan oleh Cookies. Cookies adalah file data kecil yang ditempatkan pada hard drivers pemakai ketika mereka mengunjungi site pertama kali. Software ini dapat digunakan untuk menukar informasi secara otomatis.
Ada 3 hukum yang diajukan yang berhubungan dengan kebebasan internet :
  • Pemerintah seharusnya membiarkan kelompok – kelompok untuk mengembangkan standar privacy, tetapi tidak mengambil tindakan sebelum terjadi masalah yang serius.
  • Pemerintah seharusnya memberikan saran mengenai tingkat (ukuran) standar privacy untuk internet.
  • Pemerintah seharusnya membuat hukum tentang bagaimana informasi dikumpulkan dan digunakan di internet.

6.7 Intranet
Intranet adalah jaringan private yang menggunakan internet software dan protokol
TCP/IP, dan dapat juga sistem telekomunikasi umum untuk secara aman berbagi informasi dalam suatu organisasi. Intranet dapat juga diartikan private internet atau kumpulan private segment dari jaringan internet umum, yang disediakan hanya untuk orang-orang tertentu yang diberi hak untuk menggunakannya.

6.7.1 Keamanan
Keamanan intranet sangatlah penting, karena adanya aplikasi yang tidak boleh diketahui oleh orang lain selain orang – orang yang terkait. Untuk mengatasi adanya hal yang tak diinginkan, maka dapat menggunakan beberapa cara seperti dijelaskan
berikut ini:

6.7.1.1 Public Key Security
Digunakan unuk menghalangi akses yang tidak berhak memasuki private intranet.
Public Key Security terdiri atas dua bagian :
  1. Encryption
Encryption membuat data menjadi tidak dapat dibaca, kecuali oleh orang yang berhak yaitu yang memiliki key dari data yang dienkripsi tersebut.
  1. Digital Certificates
Digital Certificates seperti kartu identifikasi elektronik yang menyatakan bahwa  orang yang melakukan akses ke intranet adalah orang yang berhak.

6.7.1.2 Firewall
            Sebuah alat yang ditempatkan antara jaringan internal dan jaringan eksternal. Alat ini mengatur akses masuk dan keluar dari jaringan sebuah perusahaan. Firewall juga dapat diartikan sebagai perangkat lunak dan atau perangkat keras yang berfungsi di dalam suatu jaringan untuk mencegah komunikasi terlarang. Firewall juga dikenal dengan sebutan Border Protection Device (BPD).
Firewall terdiri atas dua jenis :
  1. Personal Firewal
            Personal Firewall merupakan aplikasi perangkat lunak yang berfungsi menyaring    data pada jalur keluar masuk pada satu komputer.
  1. Network Firewall
            Network Firewall merupakan firewall yang berjalan pada suatu jaringan tertentu,   yang berfungsi menyaring data pada jalur keluar masuk pada suatu        jaringan.

6.7.1.3 Assured Pipeline
            Untuk tingkat keamanan yang tinggi, suatu perusahaan dapat menggunakan Assured Pipeline. Assured Pipeline bertujuan untuk memeriksa permintaan akan data kemudian menentukan apakah permintaaan itu valid atau tidak.

6.7.2 Keuntungan Intranet
            Intranet memiliki keuntungan-keuntungan, diantaranya sebagai berikut :
  • Meningkatkan produktivitas tenaga kerja
  • Intranet dapat membantu pegawai suatu organisasi untuk mencari dan menampilkan informasi ataupun aplikasi yang berhubungan dengan pekerjaan maupun tanggung jawabnya di organisasi tersebut. Hanya dengan menggunakan Web Browser, pegawai dapat menemukan data pada basis data apapun yang disediakan organisasi, sehingga dapat melakukan pekerjaan lebih cepat.
  • Waktu
Dengan intranet, perusahaan dapat menyediakan infromasi dengan basis “pull” yang berarti perusahaan dapat menyajikan informasi pada waktu yang tepat yaitu ketika dibutuhkan.
  • Komunikasi
Intranet dapat bertindak sebagai tools yang sangat powerful untuk melakukan komunikasi di dalam organisasi baik secara vetikal maupun horizontal.

6.8 Ekstranet
Ekstranet adalah sebuah tipe dari sistem informasi interorganisasi yang memungkinkan orang-orang dari luar perusahaan untuk bekerja bersama dengan pekerja yang berada di dalam perusahaan. Secara umum diartikan sebagai sebuah jaringan yang menghubungkan antara mitra-mitra bisnis melalui internet atau dapat diartikan sebagai jaringan yang menghubungkan jaringan – jaringan intranet antara perusahaan – perusahaan yang bekerjasama. Tujuan utama dari extranet adalah untuk menggalang terjadinya kolaborasi antara mitra-mitra bisnis. Extranet dibuka untuk penyuplai, pelanggan, dan mitra bisnis lainnya, dan ditutup untuk masyarakat umum.
Gambar Jaringan Ekstranet

6.8.1 Komponen dan Struktur dari Ekstranet
Ekstranet mempunyai dasar infrastruktur yang sama dengan Internet, seperti TCP/IP Protocols, server, e-mail dan browser Web. Tetapi Ekstranet menggunakan Virtual Private Network (VPN), untuk membuat komunikasi melalui internet lebih aman. Ekstranet menawarkan kemampuan internet dan intranet, sehingga dengan menggunakan ekstranet, mitra bisnis luar dan pekerja dapat memasuki intranet perusahaan melalui internet untuk mengakses data, menulis pesanan, mengecek status, dan mengirim e-mail, yang tentu saja lebih murah daripada jaringan biasa. Berikut ini daftar keuntungan-keuntungan dari ekstranet dan bagaimana keuntungan
tersebut dicapai :
Keuntungan Bagaimana Keuntungan Dicapai
  • Memerlukan lebih sedikit pekerja helpdesk
  • Ekstranet mengotomatisasi inquiry system; pelanggan hanya menghubungi basis data untuk mencari informasi.
  • Meningkatnya kualitas Komunikasi komputer ke komputer
mengurangi erorr pada masukan data
(data entry).
  • Lebih sedikitnya biaya komunikasi dan transportasi
  • Dibandingkan menggunakan VAN, menggunakan internet dapat menghemat 50% atau lebih pada biaya komunikasi dan dapat mengurangi biaya transportasi dan pertemuan. Biaya administratif dan lainnya yang lebih rendah Otomatisasi dari order entry dan proses rutin lainnya menghemat waktu dan mengurangi biaya
  • Proses dan arus informasi yang lebih cepat
  • Dengan menggunakan ekstranet, informasi dapat mengalir pada supply chain dengan lebih cepat, bahkan ketika beberapa supplier diikutsertakan secara bersamaan.
  • Pengurangan pekerjaan yang Penerbitan secara elektronik untuk menggunakan kertas dan pengiriman barang yang tepat waktu pelanggan dan mitra bisnis mengurangi kertas dan menjamin bahwa informasi itu terbaru.
  • Order entry dan layanan pelanggan lebih meningkat Banyak perusahaan menggunakan ekstranet untuk menyederhanakan dan meningkatkan order entry dan juga layanan pelanggan dan relasi dengan klien.
  • Komunikasi yang lebih baik Informasi pengiriman yang pada saat itu juga, dan aktifitas yang dikolaborasikan, meningkatkan komunikasi antara mitra bisnis dan atau pelanggan.
  • Peningkatan secara keseluruhan pada efektivitas bisnis
Penggunaan ekstranet mengembangkan peluang bisnis, dan mempromosikan penjualan dan pemasaran.
Tabel Keuntungan Ekstranet

6.8.2 Tipe-tipe dari Ekstranet
Tipe-tipe utama dari ekstranet adalah (berdasarkan rekan bisnis yang terlibat dan tujuannya):
Perusahaan dan dealernya, pelanggannya, dan suppliernya. Ekstranet seperti
ini dipusatkan pada satu perusahaan.
Sebuah ekstranet industri. Beberapa industri bergabung membuat ekstranet
yang berguna untuk mereka.
Joint Venture dan kemitraan bisnis lainnya. Beberapa mitra bisnis bergabung
untuk membentuk ekstranet yang digunakan sebagai alat untuk berkolaborasi
dan berkomunikasi

6.9 Portal Informasi Perusahaan (Enterprise Information Portals)
            Enterprise Information Portals (EIPs) adalah aplikasi berbasis internet yang memungkinkan perusahaan untuk mengakses informasi yang tersimpan di dalam maupun di luar perusahaan, dan menyajikan penggunanya sebuah akses tunggal terhadap informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan bisnis.

6.10 Mobile Internet
            Mobile Internet merupakan penggunaan teknologi komunikasi tanpa kabel untuk mengakses informasi berbasis jaringan dan aplikasi dari mobile devices. Mobile Internet juga disebut Wireless Web. Mobile Internet mempunyai beberapa aplikasi yang menarik, di antaranya dapat mengakses internet dari mana saja, kapan saja.
by Facebook Comment

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar