[] [ ]readmore

Rabu, 04 Januari 2012

Popularitas Chrome Lampaui Firefox


Popularitas Chrome Lampaui Firefox

Chrome duduk sebagai runner up internet browser terpopuler di UK. Menurut data Statcounter bulan lalu, Chrome mengeslot 22% user di Britania dan resmi melewati Firefox. 
Browser terkondang di Inggris masih jadi milik Internet Explorer-nya Microsoft. Meski telah diinstal nyaris di semua PC yang terjual di Inggris Internet Explorer mencatatkan 45% user.
Browser milik Apple, Safari, berada di papan keempat dengan 9% UK user share.
Kesuksesan Chrome merupakan buah advertising yang dilakukan Google. Raksasa pencari itu melakukan kampanya Chrome di berbagai televisi di Inggris Raya. Inti dari komersial yang tayang apa lagi kalau bukan kecepatan.

“Kalau Anda adalah user dan merasakan browser begitu snappy Anda tak bakal beralih ke lain browser. Speed merupakan komponen fundamental selain desain yang minimal dan kemampuannya meng-handle keamanan,” ucap Lars Bak, insinyur Google yang bertanggung jawab untuk Chrome.

Chrome saat ini menjadi browser ke-3 terpopuler di dunia dengan 20,65 market share Statcounter. Prediksinya: Januari nanti Chrome akan melewati Firefox. 
Sementara Internet Explorer jatuh popularitasnya ke angka 43% karena isu kerentanan keamanan.

Bulan lalu Google merilis laptop ber-OS Chromebook yang berdasar pada browsernya. Ambisi besar yang sepertinya ‘menyerang’ Microsoft. Pasalnya pendukung Chromebook adalah Samsung dan Acer, dua vendor yang selama ini mengisi produk Microsoft di laptop-laptonya.

Chromebook hampir tak memiliki kapasitas penyimpanan. Segala data disimpan online atau yang kondang disebut sebagai cloud computing.

“Chromebook sangat penting karena dia membuat simpel sebuah mesin. Intinya: tanpa maintenance. Artinya: efisiensi biaya. Kalau semua yang dilakukan hanya berhadapan dengan sebuah browser itu akan jadi hal yang menakjubkan,” pungkas Bak yang disitir Guardian.
by Facebook Comment

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar