[] [ ]readmore

Rabu, 04 Januari 2012

Google Chrome Geser Posisi Mozilla Firefox

Google Chrome Geser Posisi Mozilla Firefox

Berdasarkan laporan dari badan riset StatCounter yang berbasis di Irlandia, browser Google Chrome telah berpindah ke posisi dua secara global untuk pertama kalinya. Sementara Internet Explorer dari Microsoft tetap di posisi pertama, Mozilla Firefox ternyata melanjutkan tren menurun yang dimulai pada akhir 2010. Riset tersebut melaporkan bahwa Chrome meraih 25,7 persen pangsa pasar di bulan November 2011, sedangkan Firefox jatuh pada 25,23 persen. Pada dua tahun yang lalu, browser Google Chrome hanya mendapatkan 4,5 persen dan masih setingkat dengan Safari dari Apple dan Opera. Internet Explorer dari Microsoft secara mengejutkan tetap mempertahankan posisinya dengan perolehan sekitar 40 persen dari semua browser yang di gunakan di seluruh dunia.
Badan riset lain yaitu Net Applications masih belum siap untuk mengumumkan Google Chrome sebagai browser di posisi ke dua, tapi juga mengenali pola yang sama dari penurunan penggunaan Firefox serta peningkatan penggunaan Chrome. Net Applications memprediksi bahwa Chrome akan mengambil alih posisi Firefox pada bulan Maret 2012. Siklus rilis yang cepat dari Google umumnya disebabkan oleh adaptasi cepat dari browser oleh pengguna. Dengan menggunakan siklus revisi enam minggu sejak peluncurunannya, Google telah mampu menciptakan update kilat dan meningkatkan kecepatan browsing dari para penggunanya. Sehubungan dengan meningkatknya persaingan, Mozilla mengubah kebijakan update tahunan dan mengadaptasi siklus rilis cepat yang serupa dengan Google. Google Chrome 16 sudah sampai pada tahap beta channel pada bulan lalu dan kemungkinan dirilis pada bulan Desember 2011.

Untuk mobile browser di smartphone dan tablet, pangsa pasar masih berubah-ubah antara Android dan Opera Mini. Blackberry dan Symbian juga masing-masing mengumpulkan sejumlah tiga persen dari pasar. Safari masih tetap di puncak dengan 55 persen pangsa pasar karena penggunaannya di perangkat iPhone dan iPad. Untuk penggunaan browser konsol masih didominasi oleh Playstation 3. Para browser konsol lain termasuk Opera, WebTV dan Microsoft Internet Explorer.
by Facebook Comment

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar