[] [ ]readmore

Rabu, 04 Januari 2012

Kontrak Baru Google dan Mozilla Bernilai Hampir $300 Juta Per Tahun

Kontrak Baru Google dan Mozilla Bernilai Hampir $300 Juta Per Tahun

Para sumber menyatakan bahwa jumlah tersebut adalah jaminan pendapatan minimal untuk memberikan hasil pencarian lewat Google yang dikumpulkan dari para konsumen pengguna Firefox. Saingan utama Google dalam perjanjian baru ini adalah Bing dari Microsoft yang benar-benar serius untuk menggusur posisi Google sebagai default search engine di Firefox. Microsoft dikabarkan telah menghabiskan banyak uang untuk menumbuhkan pangsa pasar Bing dalam pasar search engine.

Microsoft memang memiliki browser Internet Explorer yang masih sangat dominan, tapi Chrome dari Google saat ini telah mulai mendapatkan pangsa pasar yang cukup besar dengan mengambil bagian dari pangsa pasar IE maupun Firefox.

Yahoo juga sempat ikut dalam persaingan untuk transaksi ini karena mereka berpendapat bahwa kerjasama dengan Mozilla akan membantu mereka dalam usahanya untuk mendapatkan solusi dalam menurunnya pangsa pasar mereka. Sayangnya usaha Yahoo yang dipimpin oleh Blake Irving selaku Chief Product Officer mereka serta Shashi Seth menganggap bahwa nilai kesepakatan tersebut terlalu mahal untuk Yahoo. Sebagai gambaran, 84 persen penghasilan Mozilla sebesar $123 juta pada tahun 2010 adalah hasil dari kerjasama Mozilla dengan Google. Bandingkan dengan nilai baru kesepakatan mereka yang mendekati $300 juta pada akhir Desember lalu.

Walaupun telah menjalin kesepakatan baru dengan Google, Mozilla juga masih menjalin kerjasama dengan para search provider termasuk Bing, Yahoo, Yandex, Amazon dan eBay. Sayangnya seluruh pihak search provider tersebut menolak berkomentar untuk nilai kesepakatan mereka dengan Mozilla.

Menanggapi nilai kesepakatan dengan Mozilla tersebut, Alan Eustace yang berposisi sebagai Senior Vice President bidang Search dari Google menyatakan: “Mozilla telah menjadi rekan yang berharga bagi Google selama bertahun-tahun dan kami ingin tetap melanjutkan kerjasama ini pada tahun-tahun mendatang.”
by Facebook Comment

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar